Gejala Varises selain Warna Biru di Kaki

Torie Natalova    •    Senin, 11 Feb 2019 09:12 WIB
kesehatan kulit
Gejala Varises selain Warna Biru di Kaki
Anda dapat mencegah varises berkembang dengan melakukan olahraga. (Foto Ilustrasi: Michal Parzuchowski/Unsplash.com)

Jakarta: Varises sangat umum terjadi dan sebagian besar tidak menyebabkan masalah medis yang serius. Spesialis Vena, Profesor Mark Whiteley, mengatakan varises yang tidak diobati selain berpotensi untuk berkembang, bisa berlanjut menjadi komplikasi termasuk borok kaki dan pembekuan darah.

Varises terjadi ketika katup di vena kaki kita berhenti bekerja dengan baik. Artinya darah jatuh ke bawah saat berdiri dan tidak mengalir ke atas menuju jantung.

Pada umumnya, varises dapat diidentifikasi sebagai tonjolan yang terlihat keluar dari kaki. Namun, setengah dari penderita varises tidak menunjukkan tanda ini karena banyak vena yang bermasalah tetap bersembunyi di bawah kulit.

Baca juga: Cara Meredam Situasi saat Bertengkar dengan Pasangan

Mereka yang berisiko mengalami dan mengembangkan varises di antaranya wanita hamil, riwayat keluarga, dan pekerjaan yang membuat Anda terlalu lama berdiri. Gejalanya akan memburuk sebelum dan selama haid.

Varises dapat dilihat dan diketahui secara langsung jika bagian belakang betis kaki menimbulkan vena atau urat yang berwarna biru, hijau, atau bahkan tidak berwarna. Tergantung seberapa dalam varises. Namun, bagi penderita varises yang tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas, mereka perlu memperhatikan gejala berikut:

1. Kaki lelah, berat, atau sakit yang lebih buruk saat berdiri dan cuaca panas
2. Pembesaran seperti urat yang keluar, vena biru paling mudah terlihat di bawah kulit sambil berdiri
3. Benjolan yang menyakitkan, dan ini dapat mengindikasikan flebitis
4. Sensasi merayap di kulit dan mungkin kram kaki pada malam hari
5. Gatal yang bisa menjadi tanda eksim vena
6. Pembekuan darah vena di varises
7. Kulit yang lembut atau nyeri pada bagian dalam tungkai bawah.

Anda dapat mencegah varises berkembang dengan melakukan olahraga. Hindari pemicu varises seperti berdiri terlalu lama, angkat kaki saat istirahat, menurunkan berat badan jika obesitas pemicu varises Anda.


(FIR)