Camilan untuk Anak yang Boleh Disantap Tiap Hari

Torie Natalova    •    Jumat, 16 Nov 2018 07:00 WIB
kesehatan
Camilan untuk Anak yang Boleh Disantap Tiap Hari
Yogurt juga tinggi protein yang baik membantu perut tetap kenyang. (Foto: Ovidiu Creanga/Unsplash.com)

Jakarta: Memasak makanan yang sehat sudah pasti dilakukan oleh banyak ibu untuk anak-anak mereka. Tapi, masalah camilan bisa jadi hal yang berbeda bagi ibu karena banyak anak yang memilih camilan manis serta kurang serat.

Banyak orang tua yang sibuk sehingga tidak sempat menyiapkan camilan yang sehat. Membeli camilan pun menjadi alternatif bagi orang tua, tanpa melihat kandungan gizi yang tepat.

Masalahnya, anak-anak membutuhkan "bahan bakar" yang sehat di antara waktu makan, bukan hanya kalori kosong dan tambahan gula yang banyak. Meski tidak semua camilan buruk, tapi jika anak lapar dan mereka hanya makan karbohidrat, kemungkinan mereka hanya kenyang sedikit lalu merasa lapar setelah satu jam.

Berikut adalah komponen makanan ringan yang yang disetujui pada ahlu diet serta dapat dimakan anak-anak kapanpun.


(Buah sebagai camilan yang sempurna untuk si kecil. Foto: Jo Sonn/Unsplash.com)

(Baca juga: Camilan Berikut Memiliki Manfaat Besar pada Kulit)

1. Yogurt
Yogurt merupakan sumber susu sehingga kaya akan kalsium. Yogurt juga tinggi protein yang baik membantu perut tetap kenyang serta mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus. Sebaiknya, pilih yogurt tanpa rasa yang sedikit mengandung gula.

2. Sayuran
Ajari dan minta anak-anak Anda mengunyah wortel, seledri, kacang polong, brokoli, bunga kol dan sayuran yang kaya vitamin juga mineral. Kukus sayuran dengan menambahkan minyak, garam dan keju juga bisa jadi makanan ringan yang baik.

3. Buah segar
Selain kaya serat, buah segar menawarkan vitamin dan mineral juga karbohidrat yang sehat, lambat dicerna sehingga menjadikan buah sebagai camilan yang sempurna untuk si kecil. Sangat penting untuk memberikan si kecil beragam jenis buah.

4. Kacang
Semua kacang penuh dengan protein, vitamin E, serat, potasium, magnesium, kalsium dan omega-3, semua ini nutrisi yang diburuhkan anak-anak.

5. Biji-bijian utuh
Gandum utuh kaya akan serat, vitamin B, magnesium dan karbohidrat. Bentuknya bisa berubah sereal, roti atau oatmeal. Popcorn juga salah satu sumber biji-bijian utuh. Tapi, banyak popcorn kemasan yang mengandung garam, mentega, gula yang tinggi, meskipun tidak menimbulkan dampak buruk jika dikonsumsi secukupnya.




(TIN)