Pengalihan Stres yang Bisa Dijadikan Hobi

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 06 Jun 2017 11:14 WIB
stres
Pengalihan Stres yang Bisa Dijadikan Hobi
Memandang pepohonan dan bunga di taman, mengikuti arah terbang kupu-kupu, melihat pergerakan awan, atau menatap kumpulan bintang di malam hari dapat melepaskan stres. (Foto: Visit Greenland)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stres adalah salah satu gangguan mental yang tak sedikit orang alami. Namun, bukan berarti kita tak bisa mengatasinya. Beberapa kegiatan berikut dapat membantu menghilangkan stres sekaligus menjadi hobi yang membuat perasaan Anda membaik. 

1. Olahraga
Jika Anda merasa lelah, kesal, dan putus asa cobalah olahraga. Lakukan beberapa olahraga yang menyebabkan Anda berkeringat seperti lari, jalan cepat, atau menari. Olahraga mengeluarkan hormon kebahagiaan endorfin yang dapat menenangkan dan membuat pikiran membaik secara instan. 



2. Yoga
Yoga adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk menenangkan pikiran dan membuat Anda rileks. Teknik pernapasan yoga membantu memberikan prespektif yang baik dan menyelesaikan masalah secara tenang dan fokus. 

(Baca juga: 5 Penyebab Stres yang Sering Tidak Disadari)



3. Melakukan seni 
Meskipun bukan seniman, cobalah mencorat-coret kertas. Rasakan pergerakan dari alat warna yang Anda gunakan dan pola yang Anda gambar. Selain menggambar, Anda juga bisa bernyanyi atau berdansa. Seni memiliki efek terapi dan pelepas stres yang manjur. 



4. Membaca buku 

Membaca buku dapat membantu Anda keluar sejenak dari kehidupan nyata. Pilihlah jenis buku yang berbeda dari genre yang Anda senangi. Meskipun hanya bersifat sementara, kegiatan tersebut akan membantu Anda melihat situasi dari sudut pandang berbeda dan kemungkinan membantu menemukan solusi.



5. Bermain di alam
Alam memiliki kekuatan menyembuhkan. Memandang pepohonan dan bunga di taman, mengikuti arah terbang kupu-kupu, melihat pergerakan awan, atau menatap kumpulan bintang di malam hari dapat melepaskan stres. 



6. Bercengkerama dengan teman
Teman-teman terkadang dapat memberikan solusi dalam segala hal. Pergilah beberapa kali dengan mereka untuk bercerita, bergosip, atau sekedar bersenang-senang. 



7. Mengucap syukur
Terkadang kita lupa berterimakasih untuk apa yang sudah terjadi dalam hidup. Padahal, mengucap syukur dan meminta kekuatan pada Tuhan agar bisa menjalani keseharian dapat membantu Anda untuk tetap berpikir positif. 








(TIN)