Jangan Sepelekan Kembung yang Tak Kunjung Sembuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 21 Sep 2017 14:26 WIB
kesehatan
Jangan Sepelekan Kembung yang Tak Kunjung Sembuh
(Foto: MedicineNet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda terus mengeluh sering mengalami kembung, jangan sepelekan gangguan pencernaan tersebut. Bisa saja itu pertanda Anda mengalami masalah kesehatan serius. 

 
Berikut adalah beberapa penyakit yang ditandai dengan kembung terus-menerus dan gejala umum lain, seperti dilansir The Health Site. 
 
1. Kram perut
 
Jika bukan waktu menstruasi dan terjadi kram pada bagian kiri bawah perut disertai kembung, kemungkinan itu adalah divertikulitis. Ini adlaah peradangan pada bagian divertikula, terutama bagian usus besar sehiangga menyebabkan nyeri dan gangguan pada fungsi usus. 
 
2. Feses berdarah 
 
Kembung yang disertai dengan feses berdarah dalah pertanda gangguan peradangan usus seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn. Cobalah datangi tenaga profesional untuk memastikan penyakit apa yang Anda derita. 
 
3. Nyeri pelvis
 
Meskipun jarang terjadi, kembung yang disertai dengan nyeri pelvis kemungkinan pertanda adanya kanker rahim, jika Anda juga mengalami buang air yang cukup banyak. Kembungtersebut disebabkan oleh akumulasi dari cairan dalam perut. 
 
4. Keputihan berbau
 
Penyakit menular seksual (PMS) yang tak diobati seperti gonore dan Chlamydia dapat menyebabkan demam, kedinginan, dan ketidaksuburan. Namun, kembung dengan keputihan berbau juga bisa menjadi gejala PMS yang tak kentara. 
 
5. Penurunan berat badan
 
Jika Anda menderita penyakit Celiac, tubuh akan berekasi pada perusakan gluten pada dinding intestinal. Kembung, diare, dan berat badan turun adalah gejala paling umum dari penyakit tersebut. 




(DEV)