5 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Nia Deviyana    •    Selasa, 29 Aug 2017 14:54 WIB
diabetes
5 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui
(Foto: Women's Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Data dari Pusat Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit menunjukkan, ada 29 juta penduduk AS yang menderita diabetes. Namun, lebih dari 8 juta penderita tidak menyadarinya.

Seperti diketahui, diabetes yang tak dimanajemen dengan baik dapat menimbulkan komplikasi seperti penyakit jantung, kerusakan ginjal, kerusakan saraf, dan kehilangan penglihatan.

Salah satu alasan yang membuat penderita tidak menyadari memiliki gula darah tinggi yakni karena tidak ada gejala khusus yang ditimbulkan, kecuali Anda punya inisiatif untuk rutin mengecek gula darah.

"Bahkan ketika ada yang tidak beres, tandanya masih samar-samar sehingga mungkin Anda berpikir itu tidak berhubungan dengan diabetes," ujar Joel Fuhrman, MD, penulis The End of Diabetes seperti dilansir dari Women's Health.

Ada lima tanda gula darah Anda berada pada level tinggi. Sayangnya, tanda-tanda ini jarang diketahui dan kerap diabaikan.

1. Sering buang air kecil

Tingginya kadar gula dalam darah memicu ginjal untuk mengeluarkan gula lewat urine. Ini yang membuat Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya, termasuk pada tengah malam. Pada kondisi ini, Anda akan kehilangan banyak cairan sehingga lebih mudah haus.

2. Mudah lelah

Kelelahan merupakan efek samping dari dehidrasi. Meningkatnya frekuensi buang air kecil, terutama pada malam hari, membuat penderita jadi kurang tidur dan lemas.

3. Penglihatan kabur

Makula atau lensa kecil di bagian tengah mata bertanggung jawab untuk penglihatan yang tajam. Namun, tingginya kadar glukosa membuat cairan alami mata meresap ke dalam lensa, menyebabkan mata bengkak.

Bengkak berangsur-angsur mengubah bentuk lensa mata, membuat mata kehilangan fokus.

4. Gusi berdarah

Bakteri yang menyukai gula tak hanya membuat luka tak kunjung sembuh, tetapi juga membuat gusi sering berdarah. Pada kondisi sehat, tubuh akan melawan penyebab infeksi di mulut, tetapi kadar gula yang tinggi mengurangi sifat alami dari sistem imun untuk melawan bakteri.

5. Ada bercak coklat di kulit

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa merusak pembuluh darah, termasuk yang berada di bawah kulit. Kerusakan ini menyebabkan timbulnya sisik atau bintik coklat kemerahan di ketiak, selangkangan, atau leher.




(DEV)