Tips Sederhana Membeli Kopi

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 26 Aug 2017 12:28 WIB
kopi
Tips Sederhana Membeli Kopi
Tips Sederhana Membeli Kopi (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kopi adalah salah satu sumber antioksidan terbaik. Tak mengherankan bila banyak orang gemar mengonsumsi minuman satu ini.

Namun, tahukah Anda bila penanaman kopi juga menggunakan pestisida? Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips dalam memilih kopi seperti disarankan oleh ahli gizi daru Delhi, Shivika Girdhar.

1. Pilih kopi organik
Membeli biji kopi mahal, tak berarti organik. Anda perlu melihat sertifikat organik pada kemasan biji kopi.

2. Lihat lokasi penanaman kopi
Jika Anda tak membeli kopi organik, cobalah liat lokasi penanaman biji kopi. Meskipun penggunaan pestisida sudah dilarang di banyak negara, beberapa negara masih menggunkannya, seperti Brazil.

Glyphosate, aldicarb, carbofuran dan terbufos adalah beberapa jenis pestisida yang disemprotkan di kopi yang bisa menyebabkan kanker. Sementara, jenis tanah yang baik untuk penanaman kopi adalah kaya vulkanik.

3. Minum kopi bebas kafein
Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan hipertensi, pilih kopi bebas kafein. Lakukan hal serupa bila Anda sedang mengandung untuk alasan keamanan. Kopi jenis ini juga tepat dijadikan sebagai alternatif jika kopi biasa membuat Anda menjadi cemas.

4. Pilih kopi yang dipanggang dengan ringan
Kopi yang dipanggang ringan memiliki jumlah antioksidan lebih tinggi sehingga dapat mencegah kerusakan radikal bebas.

 


(ELG)