Atasi Nyeri Haid dengan Selai Kacang

Torie Natalova    •    Senin, 07 Aug 2017 12:51 WIB
kesehatan dan produktivitas
Atasi Nyeri Haid dengan Selai Kacang
Biji bunga matahari juga kaya vitamin B6 yang mendukung penyerapan seng dan magnesium untuk mengatasi nyeri pada perut. (Foto: Rodalewellness.com/Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nyeri dan kram perut umumnya menyerang wanita saat tengah menjalani siklus haid. Selain kram perut, kembung dan suasana hati yang tak menentu juga sering dialami wanita setiap bulannya.

Kondisi ini tentu dapat mengganggu aktivitas harian mereka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kalsium dari produk susu dan tambahan vitamin D dapat mengurangi masalah premenstrual syndrome (PMS) pada wanita sebesar 40 persen.

Brokoli, merupakan salah satu makanan yang dapat membantu mengatasi masalah wanita saat haid. Kandungan vitamin A, B6, C dan E, kalsium, mineral, potasium dan magnesium di dalam brokoli dapat tak hanya dapat mengatasi gejala PMS yang menyakitkan, tapi juga mood yang sering menurun saat wanita haid.

Sayuran lain yang juga membantu mengatasi nyeri haid adalah kale dan bayam. Dua sayuran hijau ini mengandung kalsium tinggi juga vitamin B6 dan E yang membantu mengatasi mual dan sakit perut saat haid.

Selain tiga sayuran tersebut, ada jenis makanan lain yang dapat membantu Anda mengatasi nyeri haid seperti berikut.

(Baca juga: 4 Makanan Cegah Radikal Bebas Penyebab Kanker)



1. Kacang dan selai kacang
Kacang dan selai kacang mengandung vitamin B6 dan magnesium yang tinggi. Magnesium dapat mengontrol serotonin, senyawa yang bisa memberi rasa nyaman dan melawan depresi. Sementara magnesium bisa meningkatkan suasana hati yang menurun. Magnesium juga membantu mengurangi perut kembung.



2. Pisang
Buah pisang mengandung vitamin B6 dan potasium yang dapat mencegah retensi air, perut kembung dan mengatasi kram perut saat haid.



3. Labu dan biji bunga matahari

Labu dan biji bunga matahari mengandung seng, yang dapat mengurangi kembung dan nyeri selama haid. Selain itu, biji bunga matahari juga kaya vitamin B6 yang mendukung penyerapan seng dan magnesium untuk mengatasi nyeri pada perut. Keduanya juga mengandung vitamin E yang dapat mengatasi kram perut saat haid. 



4. Biji wijen
Selain memiliki aroma yang khas, biji wijen juga mengandung asam lemak sehat yang dapat membuat otot perut Anda lebih santai sehingga dapat meredakan kram. Biji wijen tinggi vitamin B, kalsium dan magnesium yang dapat meredakan gejala PMS.



5. Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan terbaik bagi wanita yang mengalami sakit saat haid. Kandungan seng dan magnesium pada gandum dipercaya dapat menyembuhkan kram perut akibat menstruasi.











(TIN)