Olahraga Dapat Sebabkan Perut Kembung?

Torie Natalova    •    Jumat, 14 Jul 2017 11:21 WIB
kesehatan pencernaan
Olahraga Dapat Sebabkan Perut Kembung?
Perut kembung lebih besar berpotensi terjadi pada mereka yang melakukan jenis olahraga ketahanan seperti berlari, bersepeda, dan berenang. (Foto: Girls Gone Wrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perut kembung biasanya terjadi akibat gas berlebihan dalam perut. Umumnya, perut kembung disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung gas.

Tetapi, bukan tidak mungkin jika perut kembung bisa terjadi karena olahraga. Menurut profesor ilmu kesehatan di University of California Daniel Geffen, olahraga yang melibatkan pernapasan perut dapat membuat perut kembung.



Ini pada dasarnya berkaitan dengan bagaimana kita bernapas. Ketika seseorang menarik napas, udara memiliki dua jalur yang dapat ditempuh. 

Pertama adalah melalui trakea yang langsung menuju paru-paru. Inilah jalan yang kita inginkan untuk menghirup udara yang dihirup.

(Baca juga: Trik Jitu Mengatasi Perut Kembung)

Kedua, udara masuk saat seseorang benar-benar lelah olahraga atau mereka terengah-engah. Dalam kasus ini, beberapa dari udara itu bisa turun ke esofagus yang mengarah langsung ke perut. 

Hal ini pada dasarnya menempatkan udara yang tidak diinginkan langsung masuk ke perut Anda dan mengembungkan perut Anda.

Perut kembung lebih besar berpotensi terjadi pada mereka yang melakukan jenis olahraga ketahanan seperti berlari, bersepeda, dan berenang. Ini disebabkan karena jenis olahraga tersebut akan membuat Anda kelelahan.

Namun, semua itu bisa terjadi pada orang-orang yang kurang berpengalaman dengan olahraga dan pernapasan dalam atau orang yang tidak terbiasa dengan kelelahan sehingga mereka kesulitan untuk mengoordinasikan otot tenggorokan dan mulut mereka.

Anda bisa melatih diri untuk menghindari perut kembung saat olahraga dengan berlatih seni pernapasan dalam.

Aturan dasarnya adalah untuk bernapas melalui hidung dan keluarkan udara melalui mulut, Tetapi, jika cara tersebut tidak berhasil, menyembuhkan perut kembung dapat dilakukan dengan bersendawa untuk melepaskan udara yang ditelan.










(TIN)