Ini Alasan Wanita Harus Tidur di Siang Hari

Torie Natalova    •    Selasa, 11 Jul 2017 07:00 WIB
tidur
Ini Alasan Wanita Harus Tidur di Siang Hari
Bagi kebanyakan orang, tidak cukup tidur dapat menganggu ingatan jangka pendek dan panjang. (Foto: Redonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita seringkali tidur lebih sedikit dibanding pria. Padahal, otak wanita membutuhkan waktu tidur leih banyak daripada pria.

Banyaknya aktivitas yang harus dilakukan oleh seorang wanita seperti mengurus rumah atau anak, membuat mereka lebih sedikit memiliki waktu untuk tidur dibandingkan pria.

Sosiolog Suzanne Bianchi menganalisis data survei penggunaan waktu di Amerika dan menemukan bahwa wanita, ibu yang bekerja secara khusus, melepaskan waktu tidur dan santai mereka. 



Padahal, waktu tidur setidaknya selama 20 menit bisa memberikan energi baru untuk beraktivitas kembali hingga sore hari.

Menurut Brigid Schulte, yang melakukan analisis di kehidupan wanita Amerika, satu alasan mengapa wanita begitu lelah adalah kerja mental. 

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)

Ini berarti wanita sering diandalkan untuk mengingat segala hal seperti ulang tahun, memasak, mengurus anak hingga menjadwalkan pemeriksaan ke dokter.

Lebih dari itu, ada kerja emosional dimana wanita bisa menerima emosi setiap orang, membaca sinyal setiap orang, memastikan mereka semua memiliki waktu yang bahagia, puas dan senang.



Istirahat mungkin menyenangkan bagi sebagian dari kita. Tapi, untuk benar-benar istirahat, kita membutuhkan pasangan atau rekan kerja untuk berbagi beban mental dan emosional. 

Bagi kebanyakan orang, tidak cukup tidur dapat menganggu ingatan jangka pendek dan panjang, membuat lebih mudah tersinggung, memperlambat reaksi, keinginan makan makanan ringan dan meredam sistem kekebalan tubuh kita. 

New York Times mengatakan, wanita yang kelelahan dan istirahat atau tidur sesaat sekitar 20 menit di tempat kerja dapat membuat mereka lebih segar, produktif dan lebih bahagia.










(TIN)