Selain untuk Kecantikan, Ini Manfaat Lain dari Kolagen

Yatin Suleha    •    Senin, 10 Jul 2017 17:46 WIB
kesehatan kulit
Selain untuk Kecantikan, Ini Manfaat Lain dari Kolagen
Riset menyetujui bahwa nilai plusnya mengonsumsi suplemen kolagen bisa bermanfaat bagi tulang dan persendian Anda. (Foto: Pinterest/Blog.sina.com.cn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu protein terbanyak di dalam tubuh Anda yaitu kolagen, menjadi bagian besar untuk kulit, rambut, dan kuku Anda. Tidak mengherankan, kolagen tidak jauh dari sebutan untuk dunia kecantikan.

Kolagen sendiri merupakan polipeptida, berisi campuran dari asam amino seperti proline dan glycine yang terdapat di semua jaringan ikat, tulang rawan, tulang dan kulit. 

"Tubuh Anda butuh kolagen, namun sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri, jadi kebanyakan dari kita tidak perlu melakukan penambahan suplemen kolagen dari makanan," ucap Nicole Osinga, RD. 

(Baca juga: Sebelum Melakukan Suntik Kolagen, Pertimbangkan Efek Sampingnya)

Osinga mengatakan bahwa tubuh kita tidak menyerap semua kolagen, sehingga menambahkan suplemen minuman atau makanan kolagen tidaklah sepenuhnya benar.

Apa yang tubuh Anda lakukan, adalah memecah kolagen dalam sistem pencernaan menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh semua bagian tubuh Anda.


"Tapi, itu tidak berarti kulit Anda langsung bersinar terang karena telah tercukupi oleh kolagen," ujar Osinga.

Namun, riset menyetujui bahwa nilai plusnya mengonsumsi suplemen kolagen bisa bermanfaat bagi tulang dan persendian Anda dengan cara memproduksi kolagen secara alami di tubuh Anda. Hal ini karena suplemen tersebut menyediakan bioavailable sumber dari asam amino ini.









(TIN)