Konsumsi Anggur Merah Bantu Segarkan Pikiran

Nia Deviyana    •    Minggu, 20 Aug 2017 13:50 WIB
kesehatan mental
Konsumsi Anggur Merah Bantu Segarkan Pikiran
(Foto: Greatist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bila dikonsumsi secara bertanggung jawab, anggur merah dapat memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan.

Data ilmiah dan penelitian medis mendukung pernyataan bahwa segelas anggur per hari benar-benar baik untuk Anda. Mengonsumsinya secara wajar bahkan bisa mencegah beberapa penyakit seperti berikut.

1. Kanker

Anggur merah mengandung resveratrol (antioksidan alami), antioksidan yang mencegah radikal bebas di mana bisa merugikan tubuh. Senyawa ini dilaporkan memiliki sifat kaya akan anti-kanker yang berperan dalam menghalangi pertumbuhan tumor. Bahkan, para ilmuwan telah membuktikan bahwa resveratrol mengurangi tingkat kanker leukemia, kulit, payudara dan kanker prostat.

2. Jantung

Tidak diragukan lagi, flavonoid berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Minum segelas anggur merah setiap hari dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, mencegah pengerasan arteri, bantuan dalam pengenceran darah secara keseluruhan, dan mengurangi pembentukan bekuan darah. Semua ini bisa menjadi pencegahan yang cukup kuat untuk penyakit koroner.

3. Peradangan

Meskipun resveratrol yang ada pada suplemen harian belum terbukti bermanfaat, tetapi anggur merah memiliki manfaat itu. Sebagai anti-inflamasi, resveratrol mencegah penuaan dini, oksidasi dan infeksi jamur yang disebabkan oleh faktor-faktor yang merusak seperti suhu ekstrim dan sinar ultraviolet. Demikian pula, kekuatan anti-inflamasi meluas untuk memblokir aktivasi enzim COX-2, yang menyebabkan peradangan tubuh dan nyeri

4. Kekuatan Otak

Anggur merah baik untuk otak. Berkat sifat antioksidan, anggur merah meningkatkan stamina mental dan membuat Anda lebih waspada. Selain itu, Anggur merah juga memerangi penyakit Alzhaimer dan demensia.

5. Mengontrol Berat Badan

Anggur merah bahkan dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat, karena itu anggur merah menjadi salah satu minuman beralkohol yang kalorinya paling rendah. Selanjutnya, penelitian yang dikutip oleh Majalah Cosmopolitan menunjukkan anggur merah bahkan dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan makan lebih sedikit.

6. Relaksasi dan Mengurangi Stres

Akhirnya, Anda tidak bisa mengabaikan manfaat yang paling umum dari menikmati anggur merah. Minuman ini bisa membuat Anda lebih rileks dan mengurangi stres yang sedang Anda hadapi. Anggur merah mampu mengatasi hal tersebut dengan baik.


(DEV)