Hindari Mengikat Pergelangan Tangan dengan Karet Rambut

Yatin Suleha    •    Kamis, 31 Aug 2017 07:45 WIB
kesehatan kulit
Hindari Mengikat Pergelangan Tangan dengan Karet Rambut
Tidak ada salahnya secara berkala mencuci ikat rambut Anda-baik yang baru atau yang sering Anda pakai agar tetap terjaga kebersihannya. (Foto: Sweet Ice Cream/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Audree Kopp, wanita asal Kentucky, Amerika tak sengaja mengikat tangannya dengan ikat rambutnya. Namun seminggu setelah kejadian itu, salah satu pergelangannya membengkak dan infeksi. Tak tanggung-tanggung, hal ini membuatnya dioperasi agar nyawanya selamat.

Dr. Faisa Tawwab, MD, dokter keluarga dengan MultiCARE Physicians mengatakan bahwa kontak dengan infeksi kulit yang berbahaya dari karet atau ikat rambut sangat jarang terjadi, "namun hal itu bukannya mustahil," ujar Dr. Tawwab.



Dr. Adam Gropper, MD, pemilik Vivid Vascular menjelaskan bahwa kulit Anda adalah pertahanan besar dari kuman. "Dan kulit yang sedang terbuka bisa membuatnya sedikit kurang efektif," ucap dokter yang merupakan ahli dalam bidang vaskular dan radiologi ini.

Hindari menggunakan ikat rambut yang menggunakan aksesoris metal, besi, atau glitter yang tajam. "Jika ini menusuk kulit Anda, sedikit kulit yang terbuka ini bisa membiarkan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Dan apa pun yang ikat rambut Anda bawa, dan atau merusak permukaan kulit Anda, bisa meningkatkan risiko infeksi," ujar Dr. Gropper.

Dr. Gropper menambahkan bahwa ikat rambut Anda dipakai setiap hari, terpapar bakteri, bahkan pada ikat rambut yang baru sekali pun. "Berlama-lama mengikat rambut Anda, bisa terpapar berbagai bakteri yang bisa saja berbahaya, seperti misalnya E. Coli dan Staph."



(Baca juga: Infeksi Kulit yang Biasa Muncul Saat Musim Panas)

Ada kondisi di mana Anda mencuci tangan dan ikat rambut Anda basah. "Bakteri senang tempat yang lembap, lingkungan yang hangat, dan ketika ini berada di pergelangan tangan Anda, dan pada saat itu tangan Anda luka, maka infeksi atau bahkan yang lebih berbahaya lagi bisa terjadi," ujar Dr. Gropper.

"Ikat rambut elastis Anda menekan pergelangan tangan, darah Anda-beserta dengan imun sel dan oksigen yang bisa membantu penyembuhan-berada dalam kondisi yang lebih sulit di area tersebut," tukas Dr. Gropper. "Dan semuanya menciptakan kondisi infeksi."



Ia berpesan bahwa tidak ada salahnya secara berkala mencuci ikat rambut Anda-baik yang baru atau yang sering Anda pakai. "Apalagi yang pernah jatuh di lantai basah kamar mandi umum, atau memang sudah kotor dan bau, langsung saja Anda buang."

Ia juga menekankan bahwa perhatikan apakah Anda juga habis setelah membersihkan popok, tempat sampah, dan hal kotor lainnya dengan pergelangan tangan yang terdapat ikat rambutnya di situ, "segera buang ikat rambut tersebut dan cuci tangan sampai ke pergelangan tangan Anda hingga bersih. Tak ada salahnya Anda membeli lagi yang baru dan cuci lagi sebelum Anda pakai."











(TIN)