Tomat Bantu Turunkan Risiko Kanker Kulit Hingga 50 Persen

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 16 Jul 2017 11:29 WIB
studi kesehatan
Tomat Bantu Turunkan Risiko Kanker Kulit Hingga 50 Persen
(Foto: Tomatodirt)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi tomat setiap hari dapat mengurangi risiko perkembangan kanker kulit hingga setengahnya. Penelitian yang menguji coba tikus tersebut menjelaskan bagaimana intervesi nutrisi dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Studi tersebut memberi makan tikus jantan 10 persen bubuk tomat setiap hari selama 35 minggu, yang kemudian dipaparkan sinar ultraviolet. Hasilnya, terjadi penurunan sebanyak 50 persen pada tumor kanker kulit dibandingkan dengan tikus yang tidak makan tomat.

"Teori di balik hubungan antara tomat dan kanker adalah adanya karotenoid, komponen pigmen pada tomat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat UV," ujar asisten peneliti  Jessica Cooperstone dari Ohio State University di Columbus, Amerika Serikat.

Likopen, karotenoid dalam tomat adalah antioksidan yang paling efektif dalam pigmen tersebut. DIbandingkan dengan makanan lain, likopen pada tomat terbukti lebih efektif dalam mencegah kemerahan setelah paparan UV.

Para peneliti menemukan bahwa hanya tikus jantan yang diberi tomat merah dehidrasi yang mengalami penurunan pertumbuhan tumor. Tikus yang diberi makanan dengan tomat keprok, yang terbukti memiliki kadar likopen lebih tinggi, memiliki lebih sedikit tumor daripada kelompok kontrol.

Penelitian tersebut dapat dijadikan metode alternatif untuk perlindungan sistemik terhadap penyakit kulit.

"Makanan bukanlah obat, sehingga bisa dikonsumsi seumur hidup dan mengubah perkembangan penyakit tertentu," tutupnya.


(DEV)