Cara Singkat Redam Amarah

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Sep 2017 08:54 WIB
psikologi
Cara Singkat Redam Amarah
Minum air dapat membantu meredakan amarah karena sifatnya yang mengisi ulang cairan dalam tubuh. (Foto: Eric Audra/Getty Images/Brand X)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tekanan dalam bekerja kerap membuat amarah mudah membuncah. Padahal, Anda masih perlu bekerja dengan pikiran jernih selama jam kerja.

Berikut adalah beberapa tips cepat menghilangkan amarah sehingga Anda bisa kembali produktif hingga jam kerja berakhir.



1. Menghitung 1 sampai 10
Jarak dalam penghitungan, yang ditandai dengan menghirup napas dalam, dapat membantu memecah fokus terhadap isu yang membuat kepala panas. Hal tersebut juga dapat membantu berpikir lebih rasional dan bertindak lebih bijak. Jika masih merasa jengkel, coba ulangi dan resapi setiap tarikan napas dalam setiap jeda.



2. Meremas bola karet
Meremas bola kecil dapat membantu melepaskan amarah yang tengah dialami. Lakukan hal tersebut saat emosi memuncak agar perasaan segera membaik.

(Baca juga: Saat Bertengkar, Ucapkan Satu Kata Ini untuk Meredam Amarah Pasangan)



3. Olahraga ringan
Cobalah berolahraga ringan seperti menghadap ke kanan atau ke kiri selama delapan kali hitungan. Kegiatan yang menyehatkan fisik tersebut dapat membantu meredakan amarah dan mencegah Anda bertindak impulsif. Menggerakkan bahu ke atas bawah juga dapat menghilangkan pikiran negatif dalam diri dan membantu otak menjadi rileks.



4. Minum segelas air

Minum air dapat membantu meredakan amarah karena sifatnya yang mengisi ulang cairan dalam tubuh. Efek menyegarkan terasa langsung pada bagian tenggorokan dan bibir yang cenderung mengering saat suasana hati buruk.



5. Memijat 

Lakukan pada kedua sisi dengan lembut. Hal tersebut dapat membantu menenangkan tubuh dan merilekskan pikiran. Dengan demikian, Anda akan bisa berpikir dengan jernih. 










(TIN)