Livestreaming

Kapan Waktu Terbaik Mengenalkan Anak dengan Pasta Gigi?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 06 Sep 2016 18:04 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Kapan Waktu Terbaik Mengenalkan Anak dengan Pasta Gigi?
(Foto: younglovestory)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sikat dan pasta gigi harus mulai diperkenalkan kepada anak sejak dini untuk menumbuhkan kesadaran menyikat gigi.

Pada usia berapa anak sebaiknya diperkenalkan menyikat gigi menggunakan pasta gigi?

"Kalau anak sudah bisa meludah dan berkumur dengan baik, bisa menggunakan pasta gigi," ujar Dr. Eva Faiziah, drg., Sp.KGA, Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia cabang Jakarta, dalam edukasi kesehatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2016, di Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Dua syarat tersebut penting. Sebab, jika anak belum bisa melakukannya, maka risiko pasta gigi tertelan lebih besar. (Baca juga: Makanan Terbaik Usai Gigi Dicabut)

Guna meminimalisir risiko, ajarkan anak menyikat dengan pasta gigi pada usia di atas 3 tahun. Selain itu, anak juga harus didampingi saat menyikat gigi.


"Jangan dilepas begitu saja. Dilihat dulu apakah menyikat giginya sudah benar atau belum," kata dia.

Perkembangan anak dalam menyikat gigi juga harus dipantau dari tahun ke tahun.

"Saat berusia 7-8 tahun, coba lihat bagaimana cara anak menyikat gigi, apakah sudah benar dari segi cara dan waktu. Kalau masih salah, diulangi sampai benar karena di sini motorik anak masih asal-asalan," kata dia.

Eva melanjutkan, menyikat gigi yang benar adalah tidak lebih dari dua menit, dengan gerakan yang mampu menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk permukaan gigi depan, belakang, dalam, hingga atas dan bawah.

"Pola menyikat juga diperhatikan, untuk gigi atas dari atas ke bawah, sementara untuk gigi bawah, dari bawah ke atas agar tidak melukai gusi," ujar Eva.



Perawatan Estetika Gigi




(DEV)