Dampak Memanggang Ubi Terhadap Gula Darah

Raka Lestari    •    Selasa, 10 Apr 2018 06:00 WIB
kesehatan
Dampak Memanggang Ubi Terhadap Gula Darah
Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah (yang dianggap paling ramah terhadap diabetes) lebih lambat dicerna, menyebabkan kenaikan kadar insulin yang lebih lambat. (Foto: Chinh Le Duc/Unsplash.com)

Jakarta: Ubi panggang adalah salah satu camilan yang bisa jadi teman menonton drama di televisi atau ketika sedang bersantai di rumah. 

Dalam hal gizi, ubi panggang kaya akan vitamin A dan C, serat, kalium, dan zat besi. Namun ternyata, dilansir dari Huffingtonpost.com, ubi panggang mengandung indeks glikemik dua kali lebih tinggi dibandingkan ubi mentah. 

Namun Anda tidak perlu panik karena kandungan indeks glikemik pada ubi panggang masih dalam batas wajar.

Tetapi jika Anda menderita diabetes, sebaiknya Anda perlu mengatur kadar insulin Anda dan ketika ingin mengurangi asupan gula, Anda bisa memikirkan kembali cara mengonsumsi ubi yang sehat. Atau mengonsultasikannya pada dokter Anda.

Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah (yang dianggap paling ramah terhadap diabetes) lebih lambat dicerna, menyebabkan kenaikan kadar insulin yang lebih lambat.

Sedangkan makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti tawar dan gula, cepat dicerna dan membuat kadar insulin kita meningkat. Itu berarti makanan dengan indeks glikemik tinggi juga lebih mungkin membuat Anda ngantuk.


(Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah (yang dianggap paling ramah terhadap diabetes) lebih lambat dicerna, menyebabkan kenaikan kadar insulin yang lebih lambat. Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

(Baca juga: Berapa Banyak Kandungan Kalori pada Ubi?)

Jurnalis kesehatan Max Lugavere mengatakan bahwa tubuh kita dapat mengubah zat tepung menjadi molekul gula dengan cara yang tidak terpikirkan. 

Proses perubahan ini dimulai bahkan ketika sebelum Anda menelan makanan Anda, yaitu ketika enzim yang terdapat pada air liur Anda yaitu amilase mulai memecah zat tepung. 

Panas memecah zat tepung dalam ubi dengan cara yang memungkinkan tubuh Anda dengan mudah mengubah zat tepung atau pati itu menjadi gula, yang meningkatkan kadar gula darah Anda. 

Sebuah studi diterbitkan dalam Journal of Food Processing & Technology, menemukan bahwa indeks glikemik pada ubi mentah sebesar 15 dan dengan memanggang meningkatkan indeks glikemik sampai 33, sedangkan memanggangnya dengan microwave mengandung indeks glikemik sebesar 18 dan mengukus ubi mengandung indeks glikemik berada pada kadar aman. 







(TIN)