Daging Merah dan Keju Tak Selalu Buruk untuk Jantung

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 01 Sep 2018 18:52 WIB
studi kesehatan
Daging Merah dan Keju Tak Selalu Buruk untuk Jantung
(Foto: Serious Eat)

Jakarta: Sebuah penelitian menyebutkan bahwa daging merah dan keju dapat menurunkan risiko kematian dini dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Para peneliti dari McMaster University di Kanada melibatkan lebih dari 218 ribu orang dewasa dari sekitar 50 negara di dunia dan membagi mereka dalam lima kategori. 

Studi tersbeut menyimpulkan bahwa mengonsumsi susu dan daging dalam jumlah sedang setiap hari sebagai bagian dari pola makan seimbang dapat secara drastis mengurangi kemungkinan kematian dini seseorang.

Penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi European Society for Cardiology di Munich tersebut menjelaskan bahwa orang juga harus berhati-hati tentang jumlah karbohidrat olahan dalam keseharian. 

"Orang-orang yang mengonsumsi makanan yang menekankan buah, sayuran, kacang, kacang-kacangan, ikan, produk susu dan daging memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan kematian dini yang paling rendah," kata Dr Andrew Mente, peneliti utama di Population Health Research Institute di universitas tersebut, dilansir dari Independent

Selain itu, penelitian tersebut juga melihat bahwa produk susu dan daging bermanfaat untuk kesehatan jantung dan umur panjang. 

Menurut NHS, pemerintah saat ini merekomendasikan bahwa orang yang makan lebih dari 90 gram daging merah dan olahan sehari harus mengurangi asupan mereka hingga 70 gram paling banyak.

Makan berlebihan daging merah dan olahan, termasuk daging sapi, babi dan daging sapi muda; dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus di masa depan.

Namun, mengonsumsi daging dan produk susu yang tidak diproses tidak cukup dengan sendirinya untuk memastikan kesehatan jantung, seperti yang dikatakan Profesor Jeremy Pearson, direktur medis asosiasi di British Heart Foundation.

"Makan dengan baik berarti melihat pola makan Anda secara keseluruhan, daripada terlalu berfokus pada unsur-unsur individu," katanya, dikutip dari The Telegraph.

Ia menambahkan, daging dan produk susu dapat berkontribusi pada pola makan yang sehat dan seimbang selama mereka dimakan dalam jumlah yang tidak berlebihan bersama dengan banyak buah dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Lihat video:




(DEV)