Penyakit Gusi Dapat Memicu Kanker pada Wanita

Nia Deviyana    •    Kamis, 03 Aug 2017 18:32 WIB
kanker
Penyakit Gusi Dapat Memicu Kanker pada Wanita
(Foto: Net Doctor)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian terbaru menunjukkan adanya hubungan antara penyakit gusi dan beberapa jenis kanker pada wanita pasca-menopause. Bahkan, pada mereka yang tidak merokok.

Penyakit peridontal disebut peneliti dapat meningkatkan risiko sebanyak 14 persen dalam mengembangkan semua jenis kanker. Namun, risiko terbesar adalah kanker kerongkongan dimana telah terbukti lebih banyak dialami mereka yang menderita penyakit gusi daripada yang tidak.

Selain itu, penyakit gusi juga dikaitkan dengan risiko kanker paru-paru yang lebih tinggi, kanker kandung empedu, melanoma, dan kanker payudara, terutama pada wanita yang merokok.

"Temuan ini dapat memberikan target baru untuk menguji intervensi pencegahan kanker - kebersihan mulut, pengobatan penyakit peridontal dan pencegahannya," kata pemimpin peneliti Jean Wactawski-Wende, dekan Sekolah Kesehatan Masyarakat di State University of New York, Buffalo seperti dilansir Web MD.

Pada penelitian sebelumnya, ditemukan pula bahwa penyakit gusi berkaitan dengan penyakit jantung. Namun dalam memicu kanker, belum diketahui apa penyebabnya.

"Ada potensi nyata untuk peradangan lokal akibat bakteri di rongga mulut, lewat proses menelan atau pernafasan, serta bakteri memasuki aliran darah melalui jaringan mulut," kata Wactawski-Wende.

Penelitian lanjutan untuk melihat secara khusus korelasi antara kebersihan mulut yang buruk dengan kanker diperlukan untuk memperkuat penelitian ini.




(DEV)