Cara Mudah Hilangkan Stretch Mark

Nia Deviyana    •    Minggu, 13 Aug 2017 14:54 WIB
tips & trik
Cara Mudah Hilangkan Stretch Mark
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stretch mark merupakan garis-garis pada kulit yang disebabkan oleh distensi kulit karena obesitas atau kehamilan. Stretch mark biasanya terlihat di sekitar perut, bokong, paha, bahu, dan kadang peregangan bawah kaki dan tangan.

Meski tak berbahaya, stretch mark bisa membuat seorang wanita merasa tidak percaya diri. Saat ini, memang ada banyak teknologi canggih untuk menghilangkan stretch mark, tetapi Anda tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Pilihan lain, Anda bisa menggunakan bahan alami di bawah ini. Selain murah, bahan-bahan ini sangat mudah diperoleh.

1. Lidah Buaya

Nutrisi penting dalam lidah buaya cukup efektif dalam menghilangkan stretch mark. Anda cukup menggosokan lendir lidah buaya ke area yang memiliki stretch mark selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Anda dapat juga mencampur ¼ cangkir Aloe Vera gel dengan minyak kapsul vitamin E dan vitamin A. Oleskan campuran ini pada bagian yang terkena kulit Anda sampai sepenuhnya terserap. Ulangi proses ini setiap hari sampai stretch mark sudah tak terlihat lagi.

2. Air

Air tak hanya menghidrasi tubuh dengan baik, tetapi juga membantu menguras racun dari dalam tubuh. Jika Anda memiliki banyak stretch mark, hindari kopi, teh, dan soda karena dapat mempertegas warnanya di permukaan kulit.

3. Gula

Gula bertindak seperti srub yang mampu mengangkat sel kulit mati dan juga stretch mark. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Cukup campurkan satu sendok teh gula dengan beberapa minyak almond dan beberapa tetes jus lemon. Gosok lembut stretch mark dengan bahan ini selama minimal 10 menit setiap hari sebelum mandi, Anda pun akan kagum pada hasilnya.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan nutrisi penting dan antioksidan. Memijat bagian kulit Anda yang terkena stretch mark dengan minyak zaitun hangat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stretch mark. Biarkan selama satu jam, sehingga vitamin A, D, dan E yang ada di dalamnya terserap oleh kulit.

5. Sari Kentang

Kandungan dalam sari kentang dapat mendorong pertumbuhan dan pemulihan sel-sel kulit. Belah kentang menjadi ukuran sedang untuk menggosok stretch mark pada kulit. Pastikan cairan dari kentang ada pada daerah yang terkena stretch mark, biarkan hingga kering untuk beberapa waktu sebelum membilasnya dengan air hangat. (Times of India)
 


(DEV)