5 Kesalahan dalam Mengonsumsi Buah

Torie Natalova    •    Kamis, 10 Aug 2017 10:33 WIB
tips kesehatan
5 Kesalahan dalam Mengonsumsi Buah
(Foto: Curejoy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah-buahan sudah disarankan untuk terus dikonsumsi sejak kecil. Buah telah diketahui mengandung antioksidan tinggi dan serat alami yang bermanfaat bagi tubuh, dan mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Sayangnya, kurangnya pengetahuan tentang buah dan kesalahan mengonsumsinya dapat membuat tubuh tidak mendapatkan manfaat terbaik dari buah.

Berikut ini adalah 7 kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan saat mengonsumsi buah-buahan.

1. Terlalu banyak makan buah

Saat diet, terkadang Anda mengganti peran karbohidrat dengan buah-buahan dan sayuran. Ini akan membuat Anda mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang sangat banyak untuk memuaskan perut. Namun, buah memiliki gula alami yang jika dikonsumsi berlebihan akan memenuhi aliran darah dengan glukosa dan kalori yang bisa menaikkan berat badan Anda.

2. Salah mengkombinasikan buah

Salah menggabungkan buah-buahan bisa menimbulkan kesalahan besar saat mengonsumsi buah. Ketika rasa lapar melanda, Anda mungkin akan mengambil dua jenis buah yang berukuran besar. Padahal, kalori setiap buah berbeda. Misalnya, sebuah apel yang besar memiliki 120 kalori, begitu pun dengan buah jeruk. Anda sebaiknya mengonsumsi buah apel yang kecil dan buah jeruk yang kecil karena memiliki jumlah kalori yang sama.

3. Tidak menggabungkan buah dengan protein

Buah memiliki potensi untuk membuat gula darah Anda naik. Menggabungkannya dengan protein, misalnya keju dan mentega kacang, adalah cara terbaik untuk menstabilkan gula darah Anda.

Buah dapat meningkatkan kadar insulin dan protein meningkatkan glukagon hormon. Kedua hormon ini bekerjasama untuk menstabilkan kadar gula darah. Protein sangat penting untuk pengidap diabetes atau yang memiliki riwayat diabetes. Jika tidak menambahkan protein, Anda mungkin akan merasakan gejala hiperglikemia, seperti detak jantung yang cepat.

4. Membuang kulitnya

Hentikan kebiasaan membuang kulit buah. Karena, kulit buah mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Contohnya kulit apel yang mengandung kaya serat, vitamin c dan vitamin A. Penelitian menemukan bahwa makan buah dengan kulitnya bisa menjadi kunci untuk mengurangi risiko obesitas dan mencegah kanker.

5. Menghancurkan buah

Menghancurkan buah dengan menjadikannya jus buah tidak dianjurkan. Ini dapat menghilangkan serat yang ada pada buah. Padahal, serat bisa memperlambat pelepasan glukosa dalam aliran darah. Sama seperti jus, smoothie juga bisa merusak kandungan alami dalam buah karena buah dihancurkan hingga lembut. Buah-buahan kering juga telah merusak nutrisi alami buah karena rentan mengandung pengawet dan gula tambahan.




(DEV)