4 Makanan Sehat Ini Bisa Menggagalkan Diet

Nia Deviyana    •    Minggu, 11 Jun 2017 12:09 WIB
diet
4 Makanan Sehat Ini Bisa Menggagalkan Diet
(Foto: Exportsource)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada makanan yang diklaim sehat, tetapi tak bagus dikonsumsi Anda yang sedang diet karena justru akan menambah bobot tubuh.

Hindari makanan ini saat sarapan agar timbangan Anda tak semakin bergeser ke kanan.

1. Sereal

"Kebanyakan sereal mengandung gula tambahan dan hanya menawarkan energi, bukan nutrisi," ujar Sara Haas, RDN, LDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics seperti disitat Prevention. Sereal yang mengandung pemanis tak hanya meningkatkan lonjakan gula darah, tetapi juga membuat Anda cepat lapar beberapa jam kemudian.

Jika tetap ingin mengonsumsi sereal, pilih yang kadar gulanya kurang dari 10 gram dan terbuat dari gandum utuh agar Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Snack bar

Meski kebanyakan snack bar dibuat dari gandum utuh, umumnya tetap mengandung banyak gula. Baca tabel gizi sebelum membeli snack bar, pilih yang kadar gulanya tak lebih dari 8 gram.

3. Daging

Daging merupakan sumber protein tertinggi. Namun, sebisa mungkin hindarilah daging olahan seperti bacon, sosis, dan dendeng. Daging olahan pada umumnya telah ditambah dengan sodium dan lemak jenuh agar terasa gurih dan lebih tahan lama.

Untuk Anda yang sedang diet, ada baiknya memilih kacang, kedelai, atau telur untuk memenuhi asupan protein.

4. Jus

Jus buah atau sayur menjadi alternatif untuk menambah asupan serat. Namun, jumlahnya tak akan sama dibanding Anda mengonsumsinya secara langsung. Para ahli sendiri hanya merekomedasikan 6 ons jus per hari, dan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur secara langsung.


(DEV)