Ibu Masa Kini Harus Selektif Memilih Informasi dari Media Sosial

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 31 Aug 2017 08:00 WIB
tips kesehatan
Ibu Masa Kini Harus Selektif Memilih Informasi dari Media Sosial
(Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ibu masa kini berbeda dengan ibu zaman dulu. Dengan adanya gawai dan media sosial, informasi bisa didapatkan dengan mudah.

Namun risikonya, tak semua informasi yang diterima tepat sehingga sikap skeptis diperlukan.

"Untuk busui (ibu menyusui) masa kini, semakin berat karena adanya paparan gawai dan tak bisa lepas dari media sosial sehingga berdampak pada psikologis ibu," ujar psikolog keluarga Irma Gustiani, M.Psi, Psi dalam temu media Lactamil di Jakarta, Kamis (30/8/2017).

Dibanding zaman dulu, lebih banyak ibu masa kini yang memilih menjadi wanita karier. Tak ada yang salah dengan pilihan tersebut. Namun, banyak ibu yang kemudian cenderung merasa bersalah karena tidak memiliki waktu bagi si kecil.

"Kelelahan, macet, dan tekanan dalam pekerjaan membuat busui menjadi cemas dan tak tenang saat menyusui. Hal tersebut tentu akan berdampak pada produksi ASI."

Menurut Irma, dalam keadaan tersebut, dukungan dari orang terdekat, dalam hal ini adalah suami, sangat dibutuhkan. Mendengarkan keluhan istri adalah salah satu cara untuk membuat busui lebih rileks dalam menyusui anak sehingga kebutuhan nutrisi anak pun dapat terpenuhi.

 


(DEV)