5 Gejala Tukak Lambung yang Harus Diwaspadai

Torie Natalova    •    Senin, 25 Sep 2017 15:31 WIB
kesehatan pencernaan
5 Gejala Tukak Lambung yang Harus Diwaspadai
Gejala paling umum dari tukak lambung adalah sakit perut, sensasi terbakar di daerah pertengahan perut. (Foto: Chad Madden/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbeda dengan kepercayaan orang pada umumnya, tukak lambung atau luka pada lambung yang sering dialami kebanyakan orang ini tidak disebabkan oleh makanan pedas dan juga stres.

Dilansir dari Rodalewellness.com, menurut ahli pencernaan Shipla Ravella, ada dua penyebab tukak lambung yakni infeksi bakteri dan penggunaan obat penghilang rasa sakit jangka panjang.

Pada dasarnya, ada lapisan tebal lendir yang melindungi perut Anda dari cairan pencernaan yang bersifat asam. Dan kapan pun ada kekeringan mukosa, cairan akan menggerogoti jaringan yang melapisi perut sehingga menyebabkan luka.

Apabila Anda mengalami beberapa gejala berikut, segera temui dokter Anda karena mungkin saja Anda mengalami tukak lambung atau luka di lambung.

(Baca juga: Ini Bahaya Penyakit Asam Lambung)



1. Sakit perut
Gejala paling umum adalah sakit perut, sensasi terbakar di daerah pertengahan perut. Karena, luka di lapisan perut atau usus kecil menyebabkan nyeri yang berkaitan dengan sekresi asam di usus. Rasa sakit biasanya terjadi di antara waktu makan dan malam hari, ketika asam telah disekresikan ke dalam perut tapi tidak ada makanan bertindak sebagai penyangga.



2. Mulas
Karena ulkus terus menerus disiram asam, sakit perut sering dikaitkan dengan sakit mag kronis dan mulas. Gejala lainnya seperti perut terasa kembung, bersendawa atau merasa penuh. 



3. Mual atau muntah
Mual dan muntah disebabkan oleh kaskade inflamasi yang terjadi sebagai akibat perkembangan ulkus. Peradangan pada lapisan perut itu sendiri menyebabkan kontraksi atau mual dan jika otot-otot dinding perut berkontraksi dengan kekuatan yang cukup, Anda akan mengalami muntah.

Pada beberapa kasus, gejala ini menyebabkan penyumbatan pada perut dan makanan tidak bisa lewat dengan mudah ke dalam usus kecil.



4. Keluar darah
Ulkus dapat berdarah dan menyebabkan muntah terutama muntah darah atau material yang terlihat seperti bubuk kopi. Kotoran Anda juga mungkin akan berwarna hitam yang mungkin saja bisa menjadi indikasi adanya darah yang dicerna. Keduanya adalah tanda yang membutuhkan perhatian medis segera.



5. Sakit di dada atau pinggang
Rasa sakit dari tukak lambung dapat menjalar ke belakang atau dada. Jika ulkus telah menembus dinding usus, rasa sakit bisa menjadi lebih sering, lama dan sulit diatasi. Luka juga dapat menyeabkan lapisan perut terbuka yang akan menimbulkan rasa sakit terus menerus hingga memburuk.










(TIN)