5 Cara Meredam Food Craving

Nia Deviyana    •    Senin, 17 Jul 2017 15:53 WIB
diet
5 Cara Meredam Food Craving
(Foto: Women Fitness)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengidam makanan tertentu atau dikenal dengan food craving  sering menjadi hambatan bagi mereka yang sedang berusaha mempertahankan berat badan atau beralih ke makanan yang lebih sehat.

Makanan yang diinginkan pun biasanya berupa makanan olahan yang tinggi gula, garam, atau lemak.

Food craving  dipicu oleh otak yang bertanggung jawab atas ingatan, kesenangan, dan hadiah. Ketidakseimbangan hormon, seperti leptin dan seretonin bisa meningkatkan nafsu makan. Food craving  juga bisa disebabkan akibat pelepasan endorfin setelah makan. Ini yang membuat Anda terus menerus ingin mengunyah meski sudah makan.

Wanita hamil paling rentan mengalami food craving  karena adanya perubahan hormonal yang berakibat pada selera makan dan indra penciumannya. Di sisi lain, food craving  juga dihubungkan dengan kekurangan nutrisi tertentu. (Baca: Ngidam Makanan Manis? Ini Alasannya)

Bagaimana meredam food craving? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Kurangi stres

Stres mendorong seseorang untuk makan makanan yang menenangkan. Studi menunjukkan, perempuan yang stres cenderung menginginkan permen dibanding mereka yang tidak. Itu sebabnya, makan ketika sedang stres dapat membuat berat badan melonjak. Stres juga berakibat pada jumlah kortisol yang lebih tinggi dan meningkatkan lemak perut.

2. Minum banyak air

Kurang air dapat membuat tubuh bingung membedakan lapar atau food craving. Minum banyak air membantu tubuh menguras racun tubuh sehingga tubuh lebih sehat.

3. Cukup tidur

Studi tahun 2013 menemukan, kurang tidur bisa mengubah keseimbangan hormon tubuh. Ketidakseimbangan ini berkontribusi terhadap keinginan makan berlebih dan penambahan berat badan.

4. Mengonsumsi cukup protein

Studi yang dimuat dalam Jurnal Obesity menemukan bahwa diet protein tinggi dapat mengurangi keinginan makan makanan asin pada malam hari sebanyak 50 persen.

5. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet membuat mulut tetap sibuk dan mengurangi hasrat untuk makan makanan asin dan manis. Sebuah studi menemukan perbedaan kecil, namun signifikan pada orang yang kerap mengunyah permen karet. Mereka terbukti dapat meredam rasa lapar, lebih sedikit mengidam makanan ringan, dan merasa kenyang lebih lama dibanding yang tidak mengunyah permen karet.




(DEV)