Ini Arti dari Warna Kuning Telur Ayam

Yatin Suleha    •    Kamis, 13 Jul 2017 12:06 WIB
vitamin
Ini Arti dari Warna Kuning Telur Ayam
Semakin gelap warna kuning telur, maka semakin banyak kandungan nutriennya seperti omega-3, carotenoids, dan luteins. (Foto: Pinterest/Casal Mistério)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda penyuka telur, maka sudah tentu Anda mengetahui bahwa beberapa warna kuning pada telur ada kalanya Anda temukan tak sama.

Ternyata, menurut Shareably, kuning telur tidak tercipta dengan kandungan yang sama. Faktanya, kuning telur ada yang berwarna kuning pucat, kuning gelap, bahkan yang sedikit kemerah-merahan.

Warna kuning di dalam telur juga bisa memberitahukan Anda tentang zat yang dimakan oleh ayam tersebut, sekaligus tentang macam makanan yang telah dimakan.



(Baca juga: Susu dan Telur Sumber Protein Terbaik)

Warna kuning yang mengarah ke warna oranye terang, tandanya ayam tersebut memakan makanan yang mengandung xanthophyll dan ekstrak lutein. 

Zat tersebut banyak terdapat di daun marigold, jagung kuning, makanan yang berwarna hijau seperti alfalfa, kulit jeruk, ganggang, wortel, benih annatto yang berwarna orange gelap yang bisa menghasilkan warna kuning-oranye pada telur.

Sedangkan, untuk warna kuning yang pucat-hampir putih pada kuning telur bisa berarti ayam tersebut telah memakan gandum yang warna pigmennya kurang berwarna kuning seperti jagung kuning, wortel, atau sorghum.



Untuk kuning telur yang berwarna sedikit kemerahan berasal dari varian warna ekstrak xanthophyll yang disebut dengan zeaxanthin. Bahan tersebut banyak ditemukan pada aneka jenis tanaman yang berwarna gelap seperti kale, paprika, bayam, dan brokoli. 

Semakin gelap warna kuning telur, maka semakin banyak kandungan nutriennya seperti omega-3, carotenoids, dan luteins. Namun, jangan khawatir karena semua warna kuning dalam telur aman untuk Anda konsumsi.








(TIN)