6 Perubahan Tubuh Wanita Setelah Melahirkan

Torie Natalova    •    Selasa, 25 Jul 2017 11:00 WIB
kesehatan
6 Perubahan Tubuh Wanita Setelah Melahirkan
(Foto: Willinglife)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masa kehamilan bagi sebagian besar wanita adalah masa yang takkan pernah dilupakan. Bentuk tubuh akan berubah dan tak sedikit dari mereka yang mengalami kenaikan berat badan, dan terjadi perubahan pada anggota tubuh terutama perut dan payudara.

 
Tak hanya saat hamil, tubuh wanita juga akan mengalami perubahan setelah melahirkan. Ketahui beberapa perubahan pada tubuh wanita setelah melahirkan seperti berikut.
 
1. Bentuk perut tidak lagi rata
 
Sebagian besar wanita akan mengalami otot perut yang terpisah saat hamil. Masalahnya, ini bisa tetap terjadi setelah melahirkan. Saat pita otot yang melingkar sejajar dengan perut Anda terpisah, mereka akan meninggalkan ruang yang disebut dengan diastasis recti. Tanpa otot perut ini, Anda akan melihat perut yang buncit.
 
2. Dorongan seksual kembali dengan cepat
 
Umunya, butuh waktu sedikitnya enam minggu setelah melahirkan untuk kembali berhubungan intim dengan suami. Namun, 26 persen wanita sudah lebih cepat melakukan hubungan seks. Karenanya, dokter merekomendasikan untuk memasang alat kontrasepsi karena gairah seks dapat kembali dengan cepat.
 
3. Kentut lebih sering
 
Luka pada saraf panggul selama persalinan dapat menyebabkan Anda tidak mampu mengendalikan gas dalam perut atau kentut. 15 persen wanita setidaknya mengalami kebiasaan ini hingga satu tahun setelah melahirkan.
 
4. Pelvis sakit di luar jahitan
 
Melahirkan secara normal dapat mengubah organ genital Anda. Namun, melahirkan normal juga dapat mempengaruhi pelvis atau panggul Anda. Jika Anda melahirkan bayi yang besar, ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada panggul.
 
5. Tiroid bermasalah
 
Kehadiran bayi dalam rahim mengubag sistem kekebalan tubuh Anda dengan cara yang tidak dapat dipahami. Salah satu contohnya adalah 10 persen wanita mengalami masalah tiroid sementara. Masalahnya yaitu kelenjar dapat kurang aktif atau terlalu aktif. Beberapa gejala tiroid bermasalah yakni kelelahan, perubahan berat badan, dan perubahan suasana hati. Namun, sebagian besar tiroid wanita dapat kembali normal dalam kurun waktu satu tahun.
 
6. Pembuluh darah keluar
 
Selain stretchmark, pembuluh darah akan lebih menonjol selama kehamilan. Saat hamil, pembuluh darah di kaki Anda meregang dan melebar. Bagi beberapa wanita, mereka akan mengalami varises atau pembuluh darah yang menonjol setelah kehamilan.
 



(DEV)