Begini Cara Menghilangkan Sindroma "Aku Tak Punya Baju"

Yatin Suleha    •    Senin, 28 Aug 2017 16:34 WIB
psikologi
Begini Cara Menghilangkan Sindroma Aku Tak Punya Baju
Cara yang paling mudah dan memotong waktu ketika Anda sedang "galau" dalam memilih baju adalah; sisihkan waktu dan satukan warna-warna yang sama. (Foto: Clark Street Mercantile/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Professional organizer Jamie Novak mengatakan bahwa banyak sekali orang yang mengatakan mereka tak punya baju untuk dipakai. Kondisi ini sebenarnya justru malah kebalikan.

"Mereka bukannya tidak mempunyai baju, namun mereka bingung ingin memakai baju yang mana. Dan kata-kata yang selalu mereka lemparkan pasti 'aku tak punya baju'," ujar Novak.



Miskonsepsi ini ternyata malah kebalikan dari "karena Anda terlalu banyak memiliki baju". Novak mengatakan bahwa banyaknya pakaian yang berjejal dalam satu lokasi dan hampir mustahil untuk mengoordinasikannya, membuat Anda tidak berpikir jernih ketika melihat tumpukan baju-baju tersebut.

"Belum lagi jika banyak pakaian Anda tersebut lecek, Anda akan mudah melupakannya. Iya, melupakannya!" tegas Novak.

(Baca juga: Tips Praktis agar Rumah Anda Selalu Rapi)

Cara yang paling mudah dan memotong waktu ketika Anda sedang "galau" dalam memilih baju adalah; sisihkan waktu dan satukan warna-warna yang sama atau mirip atau satukan turunan warnanya. Misalnya hitam, abu-abu, biru tua dan lakukan hal yang sama dengan warna lainnya.

Padu-padankan pakaian atasan, bawahan, pakaian dalam, serta aksesoris Anda untuk seminggu. Masukkan ke dalam plastik berperekat, tuliskan hari di atas plastiknya. "Kemudian jangan lupa memfotonya," tambah Novak.



Novak berkata, "memang cuaca tak terprediksi, bisa saja tiba-tiba perkiraan cuaca mengabarkan lusa ternyata hujan. Namun, jangan khawatir, karena Anda bisa langsung menambahkan sweater, cardigan atau syal sebagai tambahannya."

Bonus tips dari Novak: "Cek kalender jika ada tanggal Anda diundang ke pernikahan, gala dinner, atau reuni. Anda bisa menyiapkannya jauh sebelum hari H. Ini akan sangat memudahkan Anda ketika Anda akan datang menghadirinya," tutup Novak.











(TIN)