Selain Salad, 4 Makanan Ini Dapat Memicu Rasa Lelah

Torie Natalova    •    Kamis, 18 May 2017 14:33 WIB
tips kesehatan
Selain Salad, 4 Makanan Ini Dapat Memicu Rasa Lelah
(Foto: Oprah0

Metrotvnews.com, Jakarta: Rasa lelah yang berlebihan memang dapat mengganggu aktivitas Anda. Namun terkadang, sebagian orang memerlukan rasa lelah untuk bisa tidur atau beristirahat dan mengembalikan energi yang hilang seharian.

Ada lempat makanan yang dapat memicu rasa lelah atau mengantuk. Salah satunya adalah salad. Semangkuk sayuran seperti selada, wortel dan saus salad dapat membuat Anda kekurangan kalori yang digunakan tubuh sebagai energi. Selain itu, menambahkan saus salad yang biasanya mengandung gula tambahan tinggi memungkinkan tubuh mengalami benturan energi dan membuat Anda cepat lelah.

Selain salad, ada empat jenis makanan lain yang dapat memicu rasa ngantuk atau lelah seperti berikut.

1. Pisang atau kacang

Pisang memiliki kadar magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan mineral yang membantu melemaskan sel-sel otot. Magnesium dapat membantu Anda tidur lebih cepat. Selain pisang, kacang almond, mete dan kacang tanah juga merupakan sumber magnesium yang tinggi.

2. Hindari makanan asam

Makanan yang tepat dapat membantu Anda tidur nyenyak. Tetapi, makan makanan yang salah dapat membuat malam Anda buruk. Makanan asam seperti daging, telur dan susu dapat memicu refluks asam di malam hari. Jika Anda mengonsumsi makanan asam, dalam waktu dua jam setelah tidur ini masih ada di perut Anda dan memicu naiknya asam lambung.

Bagi Anda yang bermasalah dengan asam lambung, Anda sebaiknya makan makanan tersebut empat jam sebelum tidur.

3. Konsumsi lemak dan gula sesuai porsi

Tak ada salahnya mengonsumsi lemak dan gula selama dalam jumlah yang tepat. Penelitian menunjukkan bahwa saluran gastro-intestinal Anda menyesuaikan dengan makanan yang dikonsumsi. Jika Anda membatasi lemak dan guka, Anda mulai menghasilkan lebih sedikit cairan lambung dan enzim yang membantu pencernaan gula dan lemak lebih mudah. Itu tidak hanya membuat masalah pencernaan, tapi ini juga dapat menurunkan energi Anda.

4. Perhatikan produk susu yang dikonsumsi

Susu bisa menjadi penyebab di baliknya rasa lelah Anda. Intoleransi protein susu dapat berkembang seiring bertambahnya usia dan kelelahan adalah gejala yang khas. Produk susu banyak disukai orang karena rasanya yang lezat. Namun, untuk mendapatkan protein Anda bisa mengonsumsi makanan selain susu.


 


(DEV)