Pola Makan Buruk Picu Haid Tak Lancar

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 17 May 2017 17:00 WIB
tips kesehatan
Pola Makan Buruk Picu Haid Tak Lancar
(Foto: Gymaholic)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang mengalami masalah haid, sebaiknya mulai lakukan perubahan pola makan untuk mengatasinya. Umumnya, terdapat dua hal penyebab gangguan haid, yaitu karena pendarahan uterus yang tak normal (terlalu banyak) atau justru sebaliknya, jarang haid.

Salah satu gangguan siklus haid yang tak lancar adalah Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK). Kondisi tersebut terjadi karena tidak berevolusinya sel telur sehingga tak keluar dari indung telur akibat sel telur tak matang.

"Faktor risiko dari SOPK adalah kelebihan berat badan atau obesitas," ungkap dr. Riyan Hari Kurniawan, SpOG dari Bamed Women's Clinic dalam temu media, Rabu 17 Mei 2017.

Dampak dari SOPK adalah penebalan dinding rahim, gangguan kesuburan, hingga rasa rendah diri seorang wanita karena merasa tak normal.

Salah satu cara untuk mengatasi gangguan tersebut adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, yaitu konsumsi makanan sehat dan berolahraga.

"Perubahan gaya hidup tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mencapai tujuan utama yaitu haid menjadi teratur, fungsi sel telur membaik, dan kemungkinan untuk hamil semakin besar," paparnya.

 


(DEV)