Menyikat Lidah Bantu Kurangi Bau Mulut

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 17 May 2017 15:18 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Menyikat Lidah Bantu Kurangi Bau Mulut
(Foto: Health Ambition)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika membicarakan masalah kebersihan mulut, kebanyakan orang hanya terpaku pada gigi saja. Padahal, kebersihan mulut tak kalah penting. Sama seperti masalah gigi, kondisi mulut yang tak bersih dapat memicu halitosis atau biasa disebut bau mulut.

Halitosis adalah kondisi dimana muncul bau tak sedap sewaktu udara terhembus dari hidung atau mulut seseorang. Gangguan ini bisa dialami siapa saja, baik wanita maupun pria, tanpa mengenal usia.

"Papila atau lekukan dalam lidah yang bentuknya seperti handuk yang tak rata dapat menjadi tempat penumpukan sisa makanan," ujar drg Felicia Melati, SpKGA dari Bamed Dental Care dalam temu media, Rabu 17 Mei 2017.

Bila dibiarkan, maka bisa menimbulkan biofil yang merupakan lapisan lengket berwarna putih kekuningan di atas permukaan lidah berisi sisa makanan dan campuran bakteri yang memiliki kandungan oksigen rendah.

Salah satu cara tergampang membersihkan lidah adalah dengan menggosoknya seperti saat sikat gigi atau menggunakan pembersih lidah (scraper).

Selain menggosok gigi dan lidah beberapa cara membersihkan mulut yang bisa dilakukan secara mandiri adalah menggunakan benang gigi (dental floss) untuk menyingkirkan sisa makanan yang terselip atau menempel di gigi.


(DEV)