Ini Alasan Kenapa Olahraga Tak Menjamin Badan Kurus

Torie Natalova    •    Senin, 10 Jul 2017 11:13 WIB
diet
Ini Alasan Kenapa Olahraga Tak Menjamin Badan Kurus
(Foto: Fitnessmagz

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga memang menjadi cara efektif untuk membakar kalori lebih banyak. Namun, aktivitas fisik nyatanya tak seratus persen bekerja untuk menurunkan berat badan.

Ada banyak kasus dimana seseorang sudah rajin berolahraga. Tetapi alih-alih badan menjadi kurus, justru badan menjadi lebih berisi.

Dokter ahli jantung Dr Aseem Malhotra menjelaskan, gula merupakan penyebab obesitas, bukan lemak seperti yang dikira banyak orang. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengurangi jumlah makan cenderung menurunkan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang tidak membatasi makanan.

Tetapi, Dr Aseem menegaskan olahraga memiliki bukti yang baik untuk menjaga kesehatan terutama dari serangan jantung, risiko
diabetes dan demensia.

Anda yang ingin menurunkan berat badan, perlu untuk mengubah cara berpikir dari persoalan berat badan menjadi mengutamakan kesehatan.

1. Gerakan sadar bukan olahraga

Pikirkan untuk tetap aktif bergerak daripada hanya melakukan olahraga saja setiap hari. Hindari duduk terlalu lama, berjalanlah semaksimal mungkin, dan berdiri ketika memiliki kesempatan untuk itu.

2. Pangkas asupan gula

Gula adalah hal terburuk saat berkaitand engan kesehatan dan menurunkan berat badan. Bagkan jika Anda berolahraga dan memiliki berat badan normal, mengonsumsi terlalu banyak gula berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

3. Hindari karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan seperti pasta atau roti memiliki nilai gizi sedikit dan tidak membuat kenyang. Kadar glukosa dan insulin yang meningkat dapat membuat perut merasa lapar lagi.

4. Hindari makanan olahan

Makanan olahan yang diklaim sehat pun tidak memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Karenanya, hindari makanan olahan dan pilih makanan yang segar dan sehat.

5. Nikmati lemak

Jangan selalu berpikir bahwa lemak adalah musuh tubuh nomor satu. Anda tetap dapat mengonsumsi lemak sebanyak sayuran karena lemak, terutama lemak sehat tetap dibutuhkan tubuh untuk bekerja.



 


(DEV)