Yoga Berlebihan Dapat Menyebabkan Tubuh Kesakitan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Sep 2017 14:05 WIB
kesehatan
Yoga Berlebihan Dapat Menyebabkan Tubuh Kesakitan
Yoga memiliki berbagai jenis pose yang bila dilakukan dengan tak tepat dan secara berlebihan dapat menyebabkan tulang dan sendi cedera. (Foto: Farsai C/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan. Namun, tubuh akan kesakitan bila dilakukan secara berlebihan.

Yoga memiliki berbagai jenis pose yang bila dilakukan dengan tak tepat dan secara berlebihan dapat menyebabkan tulang dan sendi cedera. Berikut adalah beberapa kemungkinan buruk bila pose yoga tak dilakukan dengan benar dan tak sesuai porsi.



(Baca juga: Persiapan Sebelum Olahraga Yoga)

1. Sakit punggung dan sendi terselip
Beberapa pose yoga diperuntukkan meringankan sakit punggung atau masalah di sekitar belakang tubuh tersebut. Namun, jika dilakukan dengan tak tepat, justru dapat memperparah sakit punggung dan sendi. 

2. Pergelangan tangan keseleo
Beberapa jenis yoga memberi tekanan pada pergelangan kaki dimana risiko cedera cukup besar bila dilakukan tanpa arahan profesional. 



3. Kaku leher, keseleo dan nyeri leher
Tak sedikit gerakan yoga yang berpusat pada leher. Pose tersebut terkadang dapat memelintir sendi atau otot pada leher bila terdapat kesalahan dalam melakukannya. 

4. Otot tertarik
Otot bisa tertarik saat melakukan pose yoga bila Anda tak memiliki fleksibilitas yang kuat. 









(TIN)