Malu Rambut Rontok? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rosa Anggreati    •    Kamis, 28 Sep 2017 18:25 WIB
rambut
Malu Rambut Rontok? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Polusi udara dari asap kendaraan dan rokok bisa membuat rambut tampak kusam dan kering (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rambut merupakan mahkota wanita yang berharga. Rambut yang sehat dan berkilau akan menambah percaya diri. Sebaliknya, rambut rontok, lepek, dan bau bakal membuat minder.
 
Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, kondisi rambut rontok menjadi tidak wajar jika dalam sehari rambut ronctok mencapai 100 helai. Apakah Anda kerap mengalami rambut rontok, lepek, dan bau? Jika ya, Anda mesti mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, sebagai berikut.
 
1. Kulit kepala tidak sehat
 
Anda harus menjaga kulit  kepala agar senantiasa sehat. Kondisi kulit kepala yang tidak sehat dapat menyebabkan peradangan, dan menimbulkan beragam problem rambut seperti kerontokan. Kondisi kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok ialah dermatitis seboroik, psoriasis, dan infeksi jamur. Untuk mengatasinya, gunakan sampo yang tepat, dan bila perlu kunjungi dokter untuk masalah kulit kepala yang disebabkan infeksi.
 
2. Menata rambut
 
Tampilan rambut membantu meningkatkan kesempurnaan penampilaan. Oleh karena itu, banyak wanita yang menata rambut menggunakan hair dryer, pelurus dan pengeriting rambut, maupun produk kimia keras. Terlalu sering menata rambut menggunakan alat-alat tersebut akan menyebabkan rambut mudah rontok. Untuk mencegah kerontokan rambut karena patah, gunakan kondisioner Pantene 3 Minute Miracle Conditioner Hair Fall Control setelah keramas, dan bila perlu pakai spray pelindung rambut dari panas.
 
3. Kekurangan protein
 
Struktur rambut terdiri dari 97 persen protein. Jika Anda tidak mencukupi kebutuhan protein, maka tubuh akan mengambil protein dari folikel rambut sehingga menghentikan pertumbuhan rambut. Dengan demikian, kekurangan asupan protein dapat menyebabkan rambut rontok. Guna mencegah kekurangan protein, cukupi kebutuhan protein dengan mengonsumsi ikan, daging, telur, tempe, tahu, dan kacang-kacangan.
 
4. Polusi udara
 
Polusi udara dari asap kendaraan dan rokok bisa membuat rambut tampak kusam dan kering. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh  University of London menemukan bahwa polusi1 dapat menyebabkan kerontokan rambut. Bahkan faktanya, rambut terpapar debu dan asap 3 kali lebih banyak dibandingkan kulit2. Para ilmuwan percaya, racun dan karsinogen yang ditemukan pada udara yang tercemar dapat menghentikan pertumbuhan rambut dengan cara memblokir mekanisme yang menghasilkan protein pada rambut.
 
 

Namun jangan khawatir, sekarang ada solusinya, nih! P3K (Pertolongan Pantene Pada Kerontokan). Pantene Shampoo Hair Fall Control dirancang untuk mengurangi rambut rontok3 dengan kandungan bermanfaat yang berukuran lebih kecil daripada partikel debu, sehingga meresap lebih mudah ke dalam rambut dan mampu membuang zat-zat berbahaya yang merusak rambut.
 

 
Dengan menggunakan Pantene Shampoo Hair Fall Control akan memperkuat rambut dari dalam dan luar, dari akar sampai ke ujung. Rambut rontok berkurang hingga 98 persen. Dengan Pantene Shampoo Hair Fall Control, Lawan polusi, Lawan Rontok! Anda bisa mendapatkan produk Pantene hampoo Hair Fall Control, di sini.
 
 
1 Debu dan asap
2 Berdasarkan studi komputasi yang dilakukan P&G pada permukaan rambut dan kulit terhadap paparan polusi (asap dan debu) 2014 di Singapura
3 Rontok karena patah
(ROS)