Ini Penyebab Bintitan Berulang

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 20 Sep 2017 07:26 WIB
kesehatan mata
Ini Penyebab Bintitan Berulang
Ada beberapa faktor yang menyebabkan bintitan. Simak informasinya. (Foto: Jimmy Bay/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak jarang orang mengalami gangguan mata bintitan, bahkan berulang kali. Mengapa bisa demikian? Bintitan adalah kondisi dimana muncul jerawat atau bisul kecil di kelopak mata sehingga membuat tak nyaman. 

"Ada beberapa penyebabnya, yaitu tak higienis, terlalu banyak makan protein, dan alergi," tukas plastik rekonstruksi mata dari JEC dr. Yunia Irawati, SpM (K) dalam temu media, Selasa (19/9/2017). 

Lebih dalam, ia menjelaskan bahwa kebersihan bulu mata adalah hal yang penting, terutama bila menggunakan make up pada bagian mata. 

Ia memberikan tips sederhana, yaitu sesekali menggunakan sampo bayi untuk membersihkan area tersebut.

"Bersihkan kelopak dengan sampo bayi karena tidak perih di mata. Jangan lupa bulu mata juga dibersihkan," saran dr. Ira. 



(Baca juga: Lensa Kontak Picu Masalah pada Mata?)

Selain itu, pemakaian pembersih make up dengan kualitas baik juga bisa dijadikan cara instan untuk membersihkan bagian mata. 

Tak hanya menjaga kebersihan mata, dr. Ira juga mengingatkan agar segera memberikan pertolongan sederhana bila mata mengalami gangguan, misalnya nyeri pada bagian tertentu. 

"Jika terasa ada yang mengganjal, segera kompres dengan air hangat atau suam-suam kuku dengan menggunakan handuk kecil yang ditempel pada mata dan tekan pelan selama semenit," ujarnya. 

Setelah tak hangat lagi, peras handuk dan masukkan ke air hangat atau suam-suam kuku lagi. Ulangi hingga 10 kali agar nyeri semakin berkurang.









(TIN)