Ketahui Diabetes pada Anak Sebelum Terlambat

Yatin Suleha    •    Rabu, 14 Nov 2018 09:12 WIB
diabetes pada anak
Ketahui Diabetes pada Anak Sebelum Terlambat
Jika Anda menemukan hal yang aneh seperti anak banyak makan namun berat badan malah menurun segera konsultasikan ke dokter secepatnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Chinh Le Duc/Unsplash.com)

Jakarta: 14 November dikenal sebagai hari diabetes dunia. Dan ternyata diabetes tak hanya dialami oleh orang dewasa. Seperti cerita Devi. Ia tidak pernah menyangka bahwa buah hatinya Adi yang berusia 10 tahun divonis menderita diabetes. 

Ia memang melihat ada perubahan pada kebiasaan anaknya. Porsi makan jadi lebih banyak karena sering lapar. Namun Devi mulai merasa ada yang tidak wajar  dengan Adi karena sekali pun porsi makan yang lebih banyak tapi berat badan Adi bukannya naik malah turun. 

Namun, karena Devi tidak memiliki pengetahuan tentang diabetes dan keluarganya pun tidak ada yang memiliki riwayat diabetes, Ia tidak pernah mengikuti informasi tentang penyakit diabetes dan tidak pernah menduga bahwa anaknya menderita diabetes. 

Hal yang dialami Devi sebenarnya sering dialami oleh beberapa orang tua. Mereka bingung ketika fisik dan kesehatan anak mulai menurun. Ketika anak dibawa konsultasi ke dokter, orang tua pun menjadi kaget karena anak divonis mengidap diabetes.

Banyak orang mengira bahwa diabetes hanya terjadi pada orang dewasa, tak terpikir bahwa anak pun dapat mengidap diabetes. 


(Jika Anda menemukan hal yang aneh seperti anak banyak makan namun berat badan malah menurun segera konsultasikan ke dokter secepatnya. Foto: Ilustrasi. Dok. Janco Ferlic/Unsplash.com)

(Baca juga: Kebiasaan Ini Bantu Cegah Diabetes pada Anak)

Dr Rochsismandoko, SP. PD, KEMD, FINASIM, FACE Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Endokrin Metabolik dan Diabetes Omni Hospitals Alam Sutera mengatakan ada beberapa tanda fisik yang menunjukkan gejala diabetes pada anak yang bisa diketahui orang tua seperti:

1. Sering merasa haus.
2. lebih sering buang air kecil hingga ngompol.
3. Sering merasa lapar walau sudah makan dalam porsi banyak akan tetapi berat badan terus menurun dan bisa terjadi dalam waktu singkat.
4. Tanda lainnya seperti anak sering merasa lelah dan lesu. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mampu mengolah gula menjadi energi sehingga anak mudah lelah, mudah marah, dan sering murung.
5. Jika Anda menemukan infeksi jamur pada area vagina anak perempuan atau ruam popok karena jamur pada bayi, sebaiknya juga waspada.

“Jika gejala-gejala tersebut di atas terlihat pada anak Anda, segeralah konsultasi ke dokter anak atau ahli gizi sebagai langkah terbaik mengenal dan menangani gejala penyakit diabetes."

"Meski gejala pun tidak dikenali orang tua, jika dibiarkan, dapat berkembang menjadi penyakit komplikasi serius dan merusak organ tubuh serta jaringan,” ujar dr Rochsismandoko.




(TIN)