Alasan Pria Suka Menipu

   •    Jumat, 28 Dec 2018 13:31 WIB
romansapsikologi
Alasan Pria Suka Menipu
Berikut alasan pria pembohong yang bisa Anda ketahui. (Foto: Ilustrasi. Dok. Duri from Mocup/Unsplash.com)

Jakarta: Membina hubungan dengan pria yang Anda cintai memang sangat membahagiakan. Namun sebagai wanita, Anda harus tetap waspada. Pastikan bahwa pria tersebut bukanlah pria pembohong sehingga layak untuk Anda cintai. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui alasan pria berbohong dari awal.

Pria memiliki berbagai alasan untuk menutupi kebohongan. Dikutip dari TheList, berikut alasan pria pembohong yang bisa Anda ketahui.

1. Dia belum dewasa
Salah satu alasan utama mengapa pria menipu adalah hanya masalah ketidakdewasaa. Misalnya, pria yang belum dewasa sering menempatkan dirinya sebagai yang pertama dalam keadaan situasi apapun.

Tidak mempertimbangkan perasaan pasangannya, bersikeras untuk menjadi benar bahkan ketika salah, dan secara karakteristik tidak dapat diandalkan serta tidak bertanggung jawab.

(Baca juga: Dua Faktor yang Sebabkan Pasangan Tak Setia)


(Foto: Ilustrasi. Dok. Rawppixel/Unsplash.com)

2. Kebutuhan emosionalnya tidak terpenuhi
Alasan utama lainnya, mengapa pria menipu karena berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan emosional mereka. Faktanya, telah ditunjukkan bahwa hampir 50 persen pria menipu dan melakukannya karena mereka merasa tidak puas secara emosional, tidak bahagia, dan tidak puas dalam hubungan mereka.

Dengan kata lain, pria menipu agar merasa dihargai dan didukung secara emosional, yang keduanya mungkin tidak mereka rasakan diterima dari pasangannya.

3. Dia seorang yang egois
Dalam satu penelitian di Archives of Sexual Behavior menemukan, bahwa pria yang sudah menikah hanya peduli dengan kebutuhan fisiknya sendiri dan tidak memiliki perhatian atau minat nyata pada keinginan pasangannya.

Dan ketika pasangan Anda menjadi seorang yang egomania (orang yang selalu merasa benar), dalam hal perselingkuhan sangat menarik untuk dicatat bahwa perasaan diri mereka yang meningkat, secara tidak langsung menjadi fokus perhatian sehingga pasangan Anda dapat melakukan kebohongan.

4. Pergaulan teman yang suka menipu
Jika Anda bertanya-tanya apakah pria Anda mungkin selingkuh, penting untuk melihat lebih dekat kelompok teman-temannya. Sebab 75 persen bila pasangan Anda memiliki teman dekat yang juga berselingkuh, kemungkinan kecenderungannya juga hampir sama.

5. Dia pernah ditipu
Mungkin saja ia pernah ditipu oleh wanita sebelum Anda atau dulu kala. Sehingga tidak tertutup kemungkinan ia melakukan pembalasan dendam dengan menjadi pria penipu juga. Ada baiknya Anda berhati-hati dan sedikit menyelidiki seperti apa pria yang Anda cintai ini.


Maria Fransiska




(TIN)