Menebak Jenis Kelamin Janin Melalui Tahap Kehamilan

   •    Selasa, 11 Dec 2018 13:13 WIB
kehamilan
Menebak Jenis Kelamin Janin Melalui Tahap Kehamilan
Bagaimana caranya untuk membedakan bayi yang berjenis kelamin laki-laki dengan yang berjenis perempuan? Simak informasinya. (Foto: Heidy Sequera/Unsplash.com)

Jakarta: Perkembangan teknologi telah menghadirkan rangkaian terobosan terkini dalam dunia medis, salah satunya adalah inovasi untuk memprediksi jenis kelamin janin. Namun, untuk mengetahui gender janin ternyata bisa dilakukan bisa dengan cara pergerakanya dalam kandungan.

Dilansir dari BabyCenter, jenis kelamin bayi Anda diatur pada saat pembuahan. Sekitar usia 7 minggu kehamilan organ seks internal bayi Anda seperti indung telur dan testis mulai terbentuk di perut.

Pada tahap ini alat kelamin bayi Anda laki-laki atau perempuan tidak terlihat berbeda dikarenakan berasal dari struktur yang sama. Pada minggu ke-9 kehamilan, bayi Anda yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan mulai berkembang secara berbeda.

Bagaimana caranya untuk membedakan bayi yang berjenis kelamin laki-laki dengan yang berjenis perempuan di dalam kandungan Anda?

(Baca juga: Benarkah Janin Berkelamin Laki-laki Berpotensi Lahir Prematur?)


(Dilansir dari BabyCenter, jenis kelamin bayi Anda diatur pada saat pembuahan. Sekitar usia 7 minggu kehamilan organ seks internal bayi Anda seperti indung telur dan testis mulai terbentuk di perut. Foto: Jonathan Smith/Unsplash.com)

Pada bayi yang berjenis kelamin laki-laki di dalam kandungan, kuncup berkembang menjadi penis dan mulai memanjang sekitar 12 minggu. Selaput luar tumbuh menjadi kantung skrotum yang nantinya akan menjadi tempat buah zakar. Bayi laki-laki Anda akan mencapai tujuan di akhir kehamilan.

Sedangkan pada bayi berjenis kelamin perempuan di dalam kadungan, tunas kecil yang akan menjadi klitoris muncul di antara jaringan tungkai.

Dengan membran membentuk alur di bawah pucuk yang memisahkan menjadi labia minora dan pembukaan vagina. Pada minggu ke-22 inilah indung telur terbentuk sempurna dan bergerak dari perut ke panggung.

Jika ingin mengetahui apakah Anda memiliki bayi laki-laki atau perempuan, pada minggu ke-17 kehamilan baru bisa mengetahuinya. Saat itulah alat kelamin telah cukup berkembang untuk dilihat pada ultrasound.

Maria Fransiska




(TIN)