Menyusui Bisa Menunda Kehamilan

Kumara Anggita    •    Senin, 04 Feb 2019 14:33 WIB
keluarga berencanakehamilan
Menyusui Bisa Menunda Kehamilan
Saat melahirkan ibu menghasilkan hormon oksitosin yang berguna untuk memproduksi susu. (Foto Ilustrasi: Dave Club/Unsplash.com)

Jakarta: Pernahkan Anda mendengar bahwa menyusui dapat dijadikan alat kontrasepsi alami? Jika ya, lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut penjelasan ilmiahnya.

Menurut dr. Sarah Picadela SpOG, kehamilan bisa ditunda dalam masa ibu menyusui. Hal ini terjadi karena hormon oksitosin yang muncul setelah melahirkan.

“Oksitosin merangsang payudara untuk mengeluarkan susu. Ketika ibu menyusui, ibu tidak akan menstruasi. Artinya, tidak akan ada kehamilan,” ujar Sarah kepada Medcom.id di Jakarta.

Akan tetapi ia menegaskan bahwa menyusui sebagai alat kontrasepsi alami hanya efektif beberapa saat saja. Jika Ibu mulai terputus-putus menyusui, maka cara ini menjadi tidak efektif lagi.

“Ini efektif kalau memang ibu menyusui secara rutin, tidak terputus-putus,” terang Sarah.

Baca juga: Hubungan Antara Probiotik dengan Penurunan Berat Badan

Jika ingin mengetahui secara pasti kapan cara ini mulai tak efektif lagi, maka jawabannya adalah ketika Anda sudah tak menstruasi lagi.

“Saat ibu sudah menstruasi lagi. Artinya sudah tidak maksimal, fungsi menyusui sebagai alat kontrasepsi,” lanjutnya.

Selain untuk merangsang payudara memproduksi susu, oksitosin juga memiliki peran lain saat ibu melahirkan.

“Saat melahirkan ibu menghasilkan hormon oksitosin. Fungsinya membuat rahim kontraksi agar rahim bisa kembali ke bentuk semula dan menghentikan pendarahan," tegas Sarah.


(FIR)