Pentingnya Tengkurap untuk Bayi

   •    Senin, 17 Dec 2018 13:29 WIB
perkembangan anak
Pentingnya Tengkurap untuk Bayi
Mengapa bayi perlu tengkurap atau tummy time? Simak informasinya. (Foto: Picsea/Unsplash.com)

Jakarta: Si kecil selama beberapa bulan kehidupan awalnya memang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bertumpu pada punggung. Hal tersebut terjadi karena si kecil lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur dalam posisi telentang. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memberikan istirahat bagi punggung si kecil dengan tengkurap atau "Tummy Time" saat dalam kondisi terjaga. 

Bukan hanya mengalihkan rasa bosannya karena harus terus-menerus ada di atas tempat tidur dengan posisi telentang, melansir dari BabyCenter.

(Baca juga: Permainan Sederhana Ini Bantu Anak Pelajari Makanan Sehat)


(Salah satu manfaat tummy time adalah untuk mengembangkan otot leher agar lebih kuat dan membantunya mencapai semua tonggak perkembangan fisiknya seperti duduk, merangkak, dan berjalan kaki. Foto: Filip Mroz/Unsplash.com)

Mengapa bayi perlu tengkurap atau tummy time?

Sebelumnya Anda harus tahu, apa itu tummy time? Tummy time adalah waktu yang digunakan bayi untuk tengkurap alias bertumpu pada perutnya, sambil melakukan berbagai aktivitas. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk si kecil. 

Salah satu manfaat tummy time adalah untuk mengembangkan otot leher agar lebih kuat dan membantunya mencapai semua tonggak perkembangan fisiknya seperti duduk, merangkak, dan berjalan kaki. 

Dengan tengkurap, si kecil akan secara alami mulai mencoba mengangkat kepalanya untuk melihat apa yang terjadi di sekelilingnya. 

Namun, si kecil masih belum bisa menahan kepalanya sendiri dalam posisi tengkurap dalam waktu yang lama sampai berusia sekitar 3 atau 4 bulan. 

Dengan begitu, saat tummy time sebelum usianya 3 atau 4 bulan, si kecil akan lebih menggunakan posisi tengkurap untuk berguling, bergeser, dan mendukung dirinya dengan pelukan.

Pastikan mengajak si kecil melakukan tummy time saat sudah benar-benar dalam keadaan bangun. Soal pilihan waktu yang tepat untuk melakukan tummy time bisa saat menggantikan popoknya atau setelah si kecil bangun dari tidur siang.


Maria Fransiska





(TIN)