Pentingnya Merawat Kulit Wajah untuk Pria

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 19 Dec 2018 10:54 WIB
tips kesehatan
Pentingnya Merawat Kulit Wajah untuk Pria
Pria juga harus merawat kulit wajah (Foto Ilustrasi: Dmitriy Ilkevich/Unsplah.com)

Jakarta: Perawatan kulit wajah tidak hanya dilakukan perempuan saja. Laki-laki juga perlu menjaga kesehatan kulit wajahnya.

Anda tidak perlu melakukan perawatan berlebihan, semisal manicure atau pedicure. Tetapi tidak cukup hanya sekadar melakukan cleansing dan moisturizing.

Agar memiliki kulit yang terawat sekaligus sehat, ada baiknya Anda menambahkan beberapa perawatan lainnya. Berikut kiat-kiat dalam melakukan perawatan simpel untuk pria, melansir Times of India:

-CTM
Sama halnya dengan perempuan, CTM (Cleansing, Toning dan Moisturizing) juga penting buat pria. CTM membantu melindungi wajah dari polusi udara, paparan bahan bakar kendaraan, asap rokok dan paparan lain yang menjadi basis kerusakan kulit. 

Apalagi kulit wajah pria cenderung menghasilkan minyak yang lebih banyak ketimbang perempuan. Makanya, pria dianjurkan untuk melakukan CTM demi kesehatan kulit wajah jangka panjang.

Cleansing memiliki esensi sebagai sanitasi kulit dan membantu mengangkat kulit-kulit mati. Selain itu, cleansing juga membantu mengurangi pertumbuhan jerawat pada pria. 

Klik di sini: Perubahan Panggul yang Anda Alami Selama Kehamilan

Adapun toning yang dilakukan cukup dengan membilas wajah dengan air yang dicampur kembang mawar. Ini akan baik dilakukan sebelum tidur. Sebab pertumbuhan jerawat pada pria seringkali terjadi akibat malas membersihkan wajah sebelum tidur.

Sementara moisturizing berfungsi untuk menghindari diri dari kulit pecah-pecah, gatal, serta kulit kusam. Kulit yang gatal bisa menyebabkan iritasi kulit yang lambat-laun bisa menimbulkan rasa sakit.

-Tabir Surya
Banyak pria tak menggunakan tabir surya saat berkegiatan pada lingkungan terbuka. Sebaiknya, mulai esok, Anda harus mengoleskan losion setiap kali berkegiatan di luar ruangan.

Gunakan losion tabir surya yang mengandung SPF 30. Ini ampuh melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang menjadi penyebab kerusakan kulit.

-Pengelupasan Kulit
Metode pengelupasan atau exfoliation berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menjadi sumber infeksi bakteri pada kulit. Exfoliation juga berfungsi menutup pori-pori kulit yang kerap menjadi permasalahan utama kulit pecah-pecah.

Anda tidak perlu melakukan exfoliation setiap hari. Cukup lakukan seminggu sekali agar kulit Anda tetap terjaga sehat dan terbebas dari kusam.

Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda



(FIR)