Tujuh Latihan untuk Menjaga Stamina Remaja Perempuan

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 11 Jan 2019 07:07 WIB
kesehatan
Tujuh Latihan untuk Menjaga Stamina Remaja Perempuan
Foto Ilustrasi: Dominic Lowyers/unsplash.com)

Jakarta: Keseharian kelompok remaja cukup padat. Sebut saja mulai dari sekolah, bermain hingga belajar pada malam hari. Tentunya, aktivitas tersebut harus ditopang dengan stamina yang luar biasa.

Untuk stamina, tentunya harus didukung oleh asupan dan olahraga. Namun, tidak semua jenis olahraga cocok bagi kelompok remaja, khusunya perempuan.

Dikutip dari Askdrmanny.com, berikut olahraga yang cocok untuk menjaga stamina dan kesehatan kelompok remaja perempuan:

1. Dip
Caranya, berdiri di depan kursi dan kemudian letakkan telapak tangan di atas tempat duduk. Kemudian, rentangkan kaki dan mulai menurunkan posisi badan secara perlahan hingga mencapai sudut 90 derajat. Ulangi gerakan ini beberapa kali untuk satu set (10 kali).

2. Side Leg Raises
Dengan menggunakan matras yoga, berbaringlah dengan posisi miring. Kemudian, angkat kaki sebelah kanan ke atas dan tahan. Lakukan beberapa kali sebelum beralih ke sisi lain.

3. Jumping Lunges
Mulailah dengan lutut kanan sedikit ditekuk ke belakang dan kaki kiri ke depan dalam posisi terjang. Jaga tangan Anda di sisi Anda atau pinggul Anda untuk keseimbangan. Kemudian, melompat di udara sambil beralih ke kaki yang berlawanan, mendarat di posisi terjang.

Untuk menambah intensitas, pertahankan satu lengan terangkat di atas kepala dan beralih ke lengan yang berlawanan selama lompat. Ulangi beberapa kali untuk satu interval.

4. Cardio Squats
Berdiri tegak dengan tangan bertumpu pada pinggul. Kemudian, tekuk lutut dan turunkan gluteus ke posisi jongkok. Usahakan agar tidak mendorong lutut ke depan.

Anda harus merasakan gluteus Anda bekerja. Untuk tantangan kardio tambahan, ulangi squats ini dengan langkah cepat setidaknya selama 60 detik dan istirahat.

5. Lompat Tali
Untuk mendapatkan latihan kardio dalam rutinitas kebugaran, lompat tali menjadi pilihan yang bagus. Gerakan ini akan meningkatkan detak jantung dalam olahraga berat sambil melatih keseimbangan. 

Para pemula disarankan untuk tidak langsung melakukannya dengan interval tinggi. Mulailah dengan interval pendek dan mulai meningkatkan laju dari waktu ke waktu.

6. Plank Leg Raise
Mulailah dalam posisi push up tapi bertumpu pada siku. Rentangkan kaki selebar bahu. Kemudian, angkat satu kaki dari matras, dengan menekan gluteus. 

Selanjutnya, dorong kaki yang terangkat ke satu sisi dan tahan. Kembali ke posisi papan normal dan ulangi dengan kaki yang berlawanan.

7. V Sit and Twist
Mulailah dengan duduk di atas tikar atau bantal. Kemudian, angkat kedua kaki Anda dan bagian lutut ditekuk. Pada saat yang sama, tarik tubuh bagian atas dari matras dengan otot perut hingga tubuh bentuk V.

Dalam posisi ini, gerakkan salah satu bagian tangan, contoh kanan menuju arah kiri. Sehingga, tangan bagian kiri bergerak menuju bagian belakang tubuh.

Ulangi gerakkan serupa pada bagian tangan lainnya secara berkesinambungan. Lakukan gerakan ini dalam satu set dan turunkan tubuh ke matras untuk beristirahat.

Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda (2)



(FIR)