Cegah Asma pada Bayi, Bumil Disarankan Mengonsumsi Ikan

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 02 Nov 2017 16:14 WIB
kehamilan
Cegah Asma pada Bayi, Bumil Disarankan Mengonsumsi Ikan
Berdasarkan penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, menegaskan bahwa mengonsumsi ikan saat hamil lebih sehat daripada mengonsumsi suplemen minyak ikan. (Foto: Kevin Closet Cooking/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memperbanyak asupan ikan saat hamil dipercaya dapat mencegah anak Anda menderita penyakit asma. Berdasarkan penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, menegaskan bahwa mengonsumsi ikan saat hamil lebih sehat daripada mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Dalam penelitiannya, periset menemukan bahwa wanita yang sedang hamil cenderung kurang mengonsumsi ikan. Fakta dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa efek positif dari makan ikan secara alami sama dengan efek yang didapat dari mengonsumsi suplemen minyak ikan.

(Baca juga: Konsumsi Ikan Turunkan Risiko Alergi pada Anak)

"Mengonsumsi sekitar 2-3 porsi ikan dengan kadar merkuri rendah seminggu tidak hanya dapat melindungi bayi Anda dari asma, namun juga memperkuat manfaat nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi," kata Richard Lockey, Profesor di University of South Florida di AS, dilansir dari Dailymail.com.



Pasalnya, ikan mengandung asam lemak rendah, asam lemak omega-3 yang tidak bisa dibuat oleh tubuh kita, sehingga kita memerlukan asupan melalui makanan. Ikan juga kaya akan vitamin seperti D dan B2 (riboflavin), kalsium, dan fosfor yang juga merupakan sumber mineral. Serta mengandung zat besi, seng, yodium, magnesium, dan potassium.

Dengan banyak mengonsumsi ikan terlebih pada masa kehamilan, cenderung melindungi anak-anak mereka dari ancaman asma, juga mengurangi resiko dari penyakit-penyakit kronik seperti penyakit jantung, kanker dan artritis.









(TIN)