Tips Merawat Spons Dapur agar Tak Jadi Sarang Bakteri

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 22 Dec 2017 07:00 WIB
tips & trik
Tips Merawat Spons Dapur agar Tak Jadi Sarang Bakteri
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Spons menjadi barang yang paling penting di dapur. Karena memiliki banyak fungsi, spons rentan terkena bakteri. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat spons.

1. Sering mengganti spons

Spons yang terlalu sering digunakan cendeRung mengandung banyak kuman. Dilansir dari Time, disarankan mengganti spons seminggu sekali untuk menghindari penumpukan kuman.

2. Hindari memanaskan atau merebus spons

Sebuah studi dari Scientific Reports menunjukkan bahwa memanaskan atau merebus spons tak akan membuat benda tersebut lebih bersih, bahkan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri tertentu.

3. Buang spons berbau

Jika sudah menimbulkan bau tak sedap, artinya bakteri yang berkembang sudah sangat banyak. Sebuah penelian pada 2012 menyebutkan bahwa salah satu bakteri, moraxella osloensis dapat bertahan hidup pada spons meskipun telah dipanaskan dalam microwave dan menimbulkan bau busuk.

4. Jangan digunakan untuk semua jenis makanan

Kebanyakan orang menggunakan spons yang sama untuk mencuci benda bekas daging atau alat masak lain. Hal ini dapat membuat spons terkontaminasi berbagai jenis kuman dan menyalurkannya pada peralatan makan lain.

5. Keringkan

Setelah digunakan, jangan rendam spons dalam air karena dapat membuat bakteri berkembang biak dengan cepat. Peras spons dan keringkan di tempat  terbuka untuk memperlambat laju pertumbuhan bakteri.




(DEV)