Enam Penyebab Tangan Anda Sering Gemetar

Torie Natalova    •    Selasa, 09 Jan 2018 16:22 WIB
kesehatan
Enam Penyebab Tangan Anda Sering Gemetar
Tremor merupakan jenis gangguan gerakan yang paling umum. Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering terkena tremor. (Foto: Daria Litvinova/Unsplash.com)

Jakarta: Merasakan tangan gemetar terutama di pagi hari ketika sedang memegang cangkir kopi atau mengirimkan pesan singkat, bisa jadi kekhawatiran tersendiri. Bagian tubuh yang bergetar dikenal dengan tremor.

Tremor merupakan jenis gangguan gerakan yang paling umum. Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering terkena tremor.

Tremor bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari penyakit seperti parkinson hingga kelebihan kafein. Berikut beberapa penyebab tremor pada tangan yang paling umum.

1. Tremor esensial
Dilansir dari Prevention.com, disebutkan bahwa tremor esensial adalah gemetar yang terjadi saat Anda mencoba melakukan semacam tindakan atau pekerjaan dengan tangan Anda. Untuk mendeteksi ini, Anda bisa mencobanya dengan minuman keras, jika tremornya menghilang bisa jadi Anda mengalami tremor ini. Risiko tremor ini akan meningkat seiring bertambahnya usia.

2. Penyakit Parkinson
Jika tremor esensial terjadi ketika tangan sedang aktif, Parkinson muncul ketika tangan tidak melakukan apapun. Tremor ini bisa muncul ketika lengan tergantung di samping atau tidak ada otot di lengan. Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif di mana sel-sel otak tertentu berangsur mati. Bagi banyak penderita, tremor ini akan dimulai seperti gerakan pill rolling antara jempol dan telunjuk.

(Baca juga: Tremor Esensial Berbeda dengan Parkinson)


(Tremor merupakan jenis gangguan gerakan yang paling umum. Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering terkena tremor. Foto: Ilya Yakover/Unsplash.com)

3. Stres
Setiap orang normalnya memiliki getaran gemetar yang berasal dari detak jantung, aliran darah, dan proses lain dalam tubuh. Namun, dalam kondisi tertentu getaran ini bisa jadi lebih terasa. Stres berat atau kecemasan bisa membuat anggota tubuh gemetar. Misalnya, tangan atau suara mendadak gemetar ketika akan maju persentasi di depan banyak orang.

4. Terlalu banyak kafein
Sama seperti stres yang dapat meningkatkan tremor fisiologis Anda, kafein juga dapat memicu tremor. Jika Anda melihat tangan Anda gemetar setelah minum kopi atau sumber kafein lainnya, kurangi minum kopi. 

5. Obat-obatan
Obat-obatan seperti obat asma bronchodilators dapat memicu tremor. Jika Anda merasakan tangan gemetar setelah menggunakan obat-obatan, segera minta ganti obat kepada dokter.

6. Kelelahan
Penyebab lain dari peningkatan tremor fisiologis adalah kelelahan. Kurang tidur atau lelah otot karena olaraga yang berat dan lama dapat memicu getara di tangan dan bagian tubuh lainnya. Kelelahan dapat memicu tremor esensial lebih terasa.









(TIN)