Alami Pendarahan? Hentikan Segera dengan Tepung hingga Cabai Rawit

Anindya Legia Putri    •    Sabtu, 30 Dec 2017 17:31 WIB
kesehatan
Alami Pendarahan? Hentikan Segera dengan Tepung hingga Cabai Rawit
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Cedera akibat pemotong kertas, goresan, atau luka kecil bisa menyebabkan pendarahan. Hal itu sangat umum terjadi. Namun pendarahan minor semacam ini juga perlu ditangani. Pendarahan bisa menimbulkan rasa sakit di daerah yang terluka saat Anda tidak memiliki pertolongan pertama.

Jika luka atau goresan kecil, darah mulai membeku dengan cepat, tapi kadang kala bisa terjadi pendarahan luar biasa. Terkadang, karena letak luka atau kesehatan seseorang, pendarahan tidak berhenti. Pendarahan juga bisa memicu kegelisahan dan ketakutan.

Dalam kasus kehilangan darah sedang, orang yang berdarah mungkin merasa pusing atau mual. Namun jangan khawatir, pendarahan bisa diobati dengan mudah menggunakan beberapa bahan yang pastinya terdapat di rumah Anda.

1. Kantong teh

Kantong teh memiliki sifat zat yang akan membantu menghentikan perdarahan. Ambil kantong teh dan basahi dengan air, lalu oleskan pada luka yang terkena. Pegang selama minimal 10 menit untuk menghentikan aliran darah.

2. Bubuk kopi

Bubuk kopi membantu menghentikan pendarahan dengan membantu proses pembekuan. Ini adalah salah satu pengobatan rumah alami tertua untuk menghentikan pendarahan dari luka dan goresan. Cuci daerah yang terkena, lalu oleskan sedikit bubuk kopi tergantung pada kedalaman luka. Oleskan selama 10 menit dan kemudian bersihkan.

3. Cuka putih

Cuka putih memiliki sifat astringent yang membantu dalam pembekuan darah. Membantu arteri menyempit dan menutup. Celupkan sepotong kapas ke dalam cuka putih dan oleskan langsung pada luka.

4. Kunyit

Semua orang tahu khasiat penyembuhan kunyit bila dioleskan pada luka, yakni dapat membantu pembekuan darah dan mencegah infeksi. Oleskan kunyit tergantung ukuran luka dan biarkan selama beberapa menit.

5. Lada hitam

Lada Hitam mungkin menyengat saat Anda mengaplikasikannya. Sejak lama, lada hitam telah digunakan untuk menghentikan perdarahan. Bersihkan luka, lalu taburi beberapa lada hitam di daerah perdarahan. Jika Anda tidak dapat menahan rasa sakitnya, Anda bisa mencucinya, tapi lada hitam diketahui menyembuhkan luka dengan cepat.

6. Tepung terigu

Tepung mempercepat proses penyembuhan dengan menghentikan pendarahan. Tepung adalah penyerap kelembaban alami yang akan mengeringkan darah dengan cepat. Oleskan tepung pada luka dan diamkan selama 20 menit dan pendarahan akan berhenti.

7. Gula

Gula memiliki khasiat antiseptik yang membekukan darah dengan cepat. Karena sifatnya yang kristal, ia juga berfungsi sebagai penyerap dan mengeringkan darah. Oleskan sesendok gula di area yang terluka.

8. Cabai rawit

Cabe rawit sama dengan lada hitam dan ini adalah obat yang ampuh untuk menghentikan perdarahan. Cabe rawit memiliki sifat antiseptik dan membekukan darah lebih cepat. Taburkan sedikit bubuk cabai di luka. Tunggu pendarahan berhenti dan cuci bersih.

9. Garam

Garam adalah ramuan alami untuk menghentikan pendarahan dan berfungsi sebagai desinfektan. Karenanya, air asin sangat baik untuk menyembuhkan luka di dalam mulut. Larutkan satu sendok makan garam dengan air dan tuangkan langsung ke luka.

10. Es

Es adalah obat alami yang paling umum. Es bila dioleskan pada luka tidak hanya membantu proses penggumpalan, tetapi juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Jangan gunakan es langsung pada luka terbuka, bungkus dengan handuk sebelum dioleskan.


(TRK)