Dapatkah Warna Lidah Memberitahu Kondisi Tubuh?

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 22 Nov 2017 12:47 WIB
Dapatkah Warna Lidah Memberitahu Kondisi Tubuh?
Mungkin hal biasa ketika lidah menjadi hitam setelah mengonsumsi makanan atau minuman seperti kopi, teh, dan cokelat. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Setelah menggosok gigi, alangkah baiknya Anda melihat warna lidah. Pasalnya, warna organ tubuh yang ada dalam mulut itu bisa memberitahukan kondisi tubuh, khususnya penyakit. 

Dikutip dari Foxnews.com, berikut jenis warna lidah yang dapat memberitahukan kondisi kesehatan, yaitu:

1. Stroberi atau merah
Warna merah cerah tidak normal. Ada beberapa kemungkinan yang mungkin menyebabkan itu, diantaranya kekurangan vitamin tertentu, yaitu B-12, asam folat atau besi. 

Selain itu, warna ini juga sebagai penanda bahwa Anda mengidap demam skarlatina, salah satu penyakit menular yang bisa menjadi mematikan jika tidak diobati. 

2. Putih
Tak jarang permukaan lidah Anda berwarna putih. Kondisi ini terjadi karena lidah terinfeksi jamur atau oral thrush. Pda umumnya, oral trush terjadi karena bakteri baik yang ada dalam mulut mati karena antibiotik dan membiarkan ragi berkembang dalam mulut.


(Tak jarang permukaan lidah Anda berwarna putih. Kondisi ini terjadi karena lidah terinfeksi jamur atau oral thrush. Foto: Ian Dooley/Unsplash)

(Baca juga: Hindari Penyakit Berbahaya dengan Rutin Menyikat Lidah)

3. Bercak putih
Pada umumnya, bercak putih (leukoplakia) pada lidah bukanlah sesuatu hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, bagi perokok bintik-bintik putih ini dapat menjadi bentuk pra-kanker. 

Segera konsultasi ke dokter jika bercak putih sudah mulai terlihat di lidah Anda. Leukoplakia bisa dibersihkan oleh dokter.

4. Retak atau keriput
Tak hanya kulit, lidah juga bisa mengalami keriput atau retak seiring bertambahnya usia. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kondisi ini, namun Anda harus rutin membersihkan mulut agar tidak terinfeksi, sakit, atau bau.

5. Bewarna hitam atau coklat
Mungkin hal biasa ketika lidah menjadi hitam setelah mengonsumsi makanan atau minuman seperti kopi, teh, dan cokelat. Namun, ada kalanya tanpa mengonsumsi berbagai makanan atau obatan lidah menjadi hitam.

Lidah menjadi hitam karena perkembangan atau pertumbuhan bakteri akibat kurang menjaga kebersihan mulut. Kondisi ini bisa juga sebagai salah satu pertanda buruk penyakit diabetes.







(TIN)