Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Alasannya

Torie Natalova    •    Senin, 19 Sep 2016 09:00 WIB
tips kesehatan
Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Alasannya
(Foto: teanthingsus.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Teh manis atau tawar menjadi pilihan sebagian besar orang untuk diminum setelah makan. Selain kebiasaan minum teh setelah makan, kebanyakan orang memilih buah sebagai makanan pencuci mulut.        

Padahal, bagi sebagian orang yang mengalami gangguan kesehatan, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari setelah makan.

(Foto: Kebiasaan Makan yang Baik Harus Dibentuk Sejak Sekolah Dasar)

Berikut penjelasannya seperti dilansir Boldsky.

1. Makan buah

Buah-buahan membutuhkan enzim untuk dicerna, sehingga mereka tidak akan bisa diserap dengan baik oleh tubuh jika dikonsumsi tepat setelah makan.

2. Minum teh

Mulai sekarang, cobalah menghindari minum teh setelah makan karena teh bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang telah dikonsumsi.

3. Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang harus dihindari setelah makan. Kandungan nikotin dalam rokok dapat mengganggu proses pencernaan dan juga bisa menyerap karsinogen (zat yang menyebabkan kanker) lainnya oleh tubuh.

4. Latihan kekuatan

Salah satu hal yang harus dihindari setelah makan yakni latihan kekuatan karena dapat menyebabkan refleks asam, cegukan, mual, dan lainnya.

5. Rebahan

Hindari berbaring tepat setelah karena hal ini dapat mengganggu perjalanan makanan di pencernaan dan menyebabkan asam lambung naik.

6. Mandi

Mandi setelah makan bisa menyebabkan fungsi pencernaan berkurang. Karena mandi dapat memperlambat aliran darah dalam tubuh sehinga hanya ada darah yang lebih rendah yang tersedia untuk pencernaan.

7. Duduk terlalu lama

Setelah makan, usahakan untuk tidak duduk terlalu lama karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Cobalah untuk berjalan-jalan sebentar setelah makan.




(DEV)