Sauna Inframerah, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 27 Aug 2016 12:51 WIB
kesehatan
Sauna Inframerah, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?
Sauna Inframerah, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya? (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa artis Hollywood seperti Jennifer Aniston, Lady Gaga, Cindy Crawford, dan Gwyneth Paltrow melakukan perawatan kesehatan sauna inframerah untuk menunjang penampilan dan kesehatan. Sehatkah jenis mandi uap satu ini?

Sauna inframerah adalah jenis mandi uap yang dikelilingi oleh sinar inframerah dalam ruangan. Hal tersebut dapat memenetrasi kulit dan langsung memancarkannya pada tubuh. Sementara, sauna biasa memanaskan tubuh melalui udara sekitar.

Sauna inframerah pada dasarnya lebih lembut daripada sauna biasa karena dilakukan dengan suhu yang lebih rendah.

Beberapa studi menunjukkan bahwa pancaran panas secara langsung dapat membantu mengobati beberapa masalah kesehatan seperti rheumatoid arthritis, mengurangi nyeri dan kekakuan.

Sementara itu,  kegiatan seperti spa dan sauna memang memberi banyak manfaat seperti relaksasi, tidur lebih nyenyak, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat pemulihan saat berolahraga.

Namun, sauna tidak memberikan efek detoksifikasi, kecuali melalui keringat yang keluar dari tubuh.

"Mengklaim bahwa sauna inframerah dapat membantu menhilangkan racun dan melelehkan sel lemak jelas tidak mendasar," kata Roshini Rajapaksa, MD, profesor asisten kesehatan di NYU School of Medicine.

Lalu, apakah sauna ini sehat? Untuk kebanyakan orang, memang iya. Namun perlu diingat bahwa aktivitas superpanas dapat memberi efek samping, seperti pusing, meskipun hanya duduk 10 menit saja.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa kegiatan terapis atau ringan saat di dalam ruangan sauna.

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seputar jantung atau paru-paru, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba sauna inframerah.

Perlu diketahui, sauna inframerah berbeda dengan tempat tidur tanning karena emisi inframerah tidak memiliki efek merusak kulit seperti paparan sinar ultraviolet.

 


(ELG)