Tertawa Bisa Tingkatkan Kesehatan Orang Lanjut Usia

Torie Natalova    •    Jumat, 30 Sep 2016 10:21 WIB
kesehatan lansia
Tertawa Bisa Tingkatkan Kesehatan Orang Lanjut Usia
Meningkatkan kesehatan mental orang lanjut usia bisa dengan menyelipkan kebiasaan tertawa dalam program aktivitas fisik mereka. (

Metrotvnews.com, Jakarta: Meningkatkan kesehatan mental orang lanjut usia bisa dengan menyelipkan kebiasaan tertawa dalam program aktivitas fisik mereka. Sebuah kegiatan yang disebut "Laugh Active" dilakukan untuk meneliti seberapa besar peran tawa pada kesehatan orang lanjut usia. Kegiatan ini menggabungkan simulasi tawa menjadi kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas latihan.

Dari temuan ini menunjukkan bahwa, simulasi tertawa dapat menjadi cara yang ideal untuk membantu orangtua dengan gangguan fungsional atau kognitif. Kemajuan yang signifikan juga ditemukan pada peserta dalam kesehatan mentalnya, daya tahan, dan harapan setelah latihan. Kombinasi tawa dan olahraga ini dapat mempengaruhi orangtua untuk mulai lebih aktif berolahraga. 

(Baca juga: 8 Alasan Kenapa Tertawa Itu Sehat)

http://rona.metrotvnews.com/kesehatan/1bV8RvWK-8-alasan-kenapa-tertawa-itu-sehat

Meskipun manfaat kesehatan dari aktivitas fisik cukup nyata, banyak orang dewasa tidak terlibat dalam aktivitas fisik yang cukup untuk mencapai manfaat kesehatan yang didapat. Mempertahankan motivasi untuk menjalani aktivitas fisik yang teratur, merupakan tantangan bagi banyak orang lanjut usia.

Menurut US Department of Health and Human Services 2008 Physical Activity Guidelines, orang dewasa harus ikut berpartisipasi dalam aktivitas fisik, minimal selama 30 menit dalam lima hari seminggu untuk mencapai hasil kesehatan yang diinginkan.

Manfaat kesehatan yang bisa diraih antara lain seperti mengurangi tingkat kematian dan beberapa risiko penyakit kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2, kanker usus besar, kanker payudara, kecemasan, depresi dan osteoporosis.

Kegiatan fisik yang teratur juga mengurangi dampak dari penurunan fungsi tubuh yang berhubungan dengan bertambahnya usia seperti, jatuh dan patah tulang, hilangnya degeneratif massa otot, juga kualitas dan kekuatannya. Tertawa secara ilmiah bisa memperkuat dan mengendurkan otot. 

Semua manfaat ini sangat penting pada orang lanjut usia untuk mempertahankan kemampuan mereka melakukan aktivitas sehari-hari.






(TIN)