Kematian Dini Incar Perokok yang Mengidap Diabetes

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 Nov 2016 10:51 WIB
diabetes
Kematian Dini Incar Perokok yang Mengidap Diabetes
Perokok berat yang menderita diabetes berisiko dua kali lipat mengalami kematian dini (Foto:Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menunjukkan, perokok berat yang menderita diabetes berisiko dua kali lipat mengalami kematian dini.

Diabetes merupakan penyakit kronik di mana kadar glukosa dalam darah cukup tinggi. Penderita diabetes memiliki kemungkinan besar mengalami berbagai penyakit komplikasi.

"Studi ini menemukan bahwa diabetes dua kali lipat meningkatkan berbagai penyakit penyebab kematian dan kematian pada kanker, selain paru-paru pada perokok berat," ujar Kavita Garg, profesor di University of Colorado-Denver, Amerika Serikat.

Studi yang dilansir Boldsky menyebutkan, sekitar 13 persen perokok yang terkena diabetes mengalami kematian. Sementara, kematian pada perokok tanpa diabetes sebesar 6,8 persen.

Tak hanya itu, perokok dengan diabetes cenderung tampak lebih tua karena mengonsumsi rokok bertahun-tahun dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi dibandingkan perokok tanpa diabetes.

Penelitian ini juga menemukan bahwa wanita perokok dengan diabetes memiliki risiko kematian akibat kanker paru-paru. Efek yang sama tak ditemukan pada pria.

Kavita Garg bersama tim melakukan analisis terhadap 53.454 partisipan dari Amerika Serikat yang memiliki risiko dengan kematian secara umum, kematian karena kanker paru-paru, dan kematian selain karena kanker peru-paru, namun berhubungan dengan diabetes.

Hasilnya, terdapat total 3.936 kematian, termasuk 1.021 karena kanker paru-paru, dan 826 kematian karena kanker selain paru-pau.

Kavita Garg menekankan agar perokok melakukan skrining kanker paru-paru dan mengontrol diabetes mereka dengan baik.

"Mereka harus mengontrol diabetes yang diderita untuk memaksimalkan manfaat dari skrining CT pada kanker paru-paru. Hal itu berpengaruh besar untuk menurunkan risiko kematian," kata dia.


(ROS)